Tips Bikin Anak Semangat Menanam dan Merawat Pohon

Bandung - TemanBaik tentu tahu kan kalau pohon sangat bermanfaat untuk kehidupan? Karena itu, penting bagi kita untuk merawat, bahkan menanam pohon. Tapi, bagaimana ya caranya agar anak-anak mau dan semangat menanam pohon, termasuk merawatnya?

Langkah pertama, jangan langsung mengajak si kecil menanam pohon. Tapi, tumbuhkan pengetahuan pada si kecil soal apa itu pohon, manfaatnya untuk kehidupan, serta alasan kenapa harus menanam dan menjaga pohon.

"Penjelasan yang disampaikan juga harus lebih sederhana agar anak-anak bisa menangkapnya," kata relawan Sahabat Walhi Klistjart Tharissa Bawar di Bandung, Kamis (21/11/2019).

Menurut perempuan yang akrab disapa Caca ini, si kecil harus ditumbuhkan rasa cinta dan kepeduliannya pada pohon sejak dini. Dengan begitu, si kecil kemungkinan besar akan tertarik untuk menanam pohon, minimal mereka akan ikut menjaga dan enggak merusak pohon.

Baca Ini Juga Yuk: Intip Cara Seru Tanamkan Cinta Lingkungan pada Anak-anak

Setelah si kecil tertarik, baru deh ajak dia untuk menanam pohon. Pohonnya apa yang cocok untuk ditanam si kecil? Pohon apapun bisa kok. Tapi, biasanya si kecil akan lebih tertarik pada pohon yang akhirnya berbuah dan bisa dikonsumsi.

"Selain mengajarkan menanam, kita juga harus mengajarkan mereka cara merawatnya," ungkap Caca.

Ingatkan agar si anak mau menyiram pohon secara rutin, memberi pupuk, serta perawatan lainnya. Tapi, beri juga penjelasan kenapa mereka harus melakukan itu. Misalnya, pohon akan tumbuh dengan baik jika dirawat dengan baik.

Mau merawat pohon alias enggak sekadar menanamnya saja juga akan berdampak positif loh. Hal itu akan mendidik anak untuk belajar bertanggung jawab. Tapi, masalahnya, ada anak-anak yang mudah bosan. Mereka hanya semangat di awal dan ogah-ogahan merawat pada akhirnya. Di sinilah peran orang tua menjadi sangat penting.

"Orang tua harus selalu mengingatkan biar anaknya konsisten dan (merawat pohon) itu jadi kebiasaan," tutur Caca.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler