Perhatikan Hal Ini Ya Supaya Hewan Peliharaan Panjang Umur

Bandung - TemanBaik ingin memelihara hewan? Ada hal penting nih yang harus kamu tahu jika hendak memelihara hewan, yaitu edukasi atau pengetahuan. Ya, ini memang tergolong sederhana, tapi jika tak kamu kuasai, akan berdampak fatal untuk hewan peliharaanmu loh.

Apapun hewan yang akan kamu pelihara, terpenting adalah mengetahui perilakunya sebelum memeliharanya. Saat ini, kamu bisa dengan mudah mencari informasi. Bisa mencari di mesin pencari atau konsultasi ke ahlinya.

Tapi, hal ini terkadang masih jarang dilakukan. Apalagi jika kamu membeli hewan peliharaan secara mendadak, misalnya karena tak sengaja melihat dan kamu tertarik memeliharanya. Atau mungkin si kecil mendadak ingin dibelikan hewan yang dilihatnya. Jika kamu langsung membeli tanpa tahu informasi seputar hewan itu, ujung-ujungnya hewan peliharaan tak terawat dengan baik, bahkan mati.

"Kesalahan ketika memelihara satwa itu yang pertama mereka yang memelihara tidak mengetahui perilaku hewan peliharaannya," kata kurator Bandung Zoo Garden Panji Ahmad Fauzan.

Baca Ini Juga Yuk: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Pelihara Hewan Liar

Perilaku apa sih yang dimaksud? Yang jelas adalah bagaimana cara hewan peliharaan bisa bertahan hidup. Kamu harus tahu bagaimana hewan peliharaanmu ditempatkan agar merasa nyaman, tahu cara merawatnya, hingga tentu tahu pakan apa yang cocok.

Hal terakhir ini nih yang kadang tak terlalu diperhatikan. Sering kali mereka yang memelihara hewan memberi pakan dengan asal-asalan. Parahnya cuma dikira-kira bahwa makanan ini dan itu cocok untuknya. Padahal, pakan yang diberikan akan menentukan kesehatan si hewan peliharaan loh!

"Misalnya bagi yang memelihara burung, burung ini enggak bisa makan makanan A, tapi justru dikasih makanan A," ungkap Panji.

Yang juga tak kalah penting adalah tahu kapan si hewan peliharaan aktif. Sebab, hewan ada yang aktif pada malam hari atau siang hari. Jika yang dipelihara hewan yang aktif pada malam hari seperti burung hantu, biarkan si burung beristirahat saat siang. Jangan mengajaknya 'bermain' ya!

Nah, sebelum membeli hewan peliharaan, sebaiknya cari tahu berbagai informasi ya. Persiapkan dulu segala keperluannya agar hewan yang dipelihara bisa nyaman dan panjang umur tentunya.


Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler