Unik! Pangandaran Punya Angklung Raksasa

Pangandaran - TemanBaik pasti tahu kan dengan alat musik tradisional angklung? Tapi, tahu jika ternyata ada angklung raksasa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat?

Angklung raksasa ini tepatnya ada di Sanggar Angklung Mang Koko di Dusun Margaluyu, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Pembuatnya adalah Koko Momarudin atau yang akrab disapa Mang Koko.

Ia membuat angklung raksasa sejak 2016. Saat itu, tingginya mencapai 3 meter. Setelah itu, ia beberapa kali membuat angklung raksasa hingga ukuran 6 meter. Bahkan, ia siap membuat angklung setinggi 7 meter dan membuatnya tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) jika difasilitasi.

Saat BeritaBaik.id berkunjung ke Saung Angklung Mang Koko, terlihat para siswa SMP sedang berlatih kesenian dan memainkan angklung bersama Koko. Khusus untuk angklung raksasa, yang terpasang di lokasi bertinggi sekitar 3 meter.

Masing-masing siswa memegang dua angklung, satu di tangan kiri, satu di tangan kanan. Sesekali mereka menggerakkan angklungnya sesuai irama lagu. Angklungnya sendiri dikaitkan pada besi dan tali ke bagian di dekat atap. Terbayang kan bagaimana sulitnya memainkan angklung sebesar itu?

Menurut Mang Koko, enggak ada perbedaan memainkan angklung berukuran biasa dan angklung raksasa. Keduanya sama-sama digerakkan, bunyinya pun sama.

"Yang beda cuma proses bikinnya sama memilih bahannya. Milih bambunya harus yang benar-benar kering dan gede-gede," kata Mang Koko.

Ia mengaku sengaja membuat angklung raksasa agar menjadi pembeda dari sanggar angklung lain. Sebab, angklung berukuran biasa tentu biasa. Tapi, jika angklungnya berukuran raksasa, itu baru luar biasa.

"Saya juga kepikiran agar angklung ini diminati banyak orang. Bagaimana caranya? Ya, saya bikin angklung besar ini," tutur Mang Koko.

Karena keunikannya, angklung raksasa buatan Mang Koko sudah sering dipamerkan ke berbagai daerah. Mulai dari Purwakarta, Bandung, Banjar, hingga terakhir Brebes. Kehadiran angklung itu pun selalu menyita perhatian warga yang hadir.


Foto: Oris Riswan Budiana/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler