Ridwan Kamil Lepas 1.500 Hafiz dan Hafizah ke Desa-desa di Jabar

Bandung - Program Satu Desa Satu Hafiz (Sadesha) yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah bergulir. Hari ini, Jumat (5/11/2019), sebanyak 1.500 hafiz dan hafizah dilepas di Gedung Sate, Kota Bandung. Mereka akan ditempatkan di 1.500 desa dan kelurahan yang tersebar Jawa Barat.

Mereka diberikan beberapa tugas di tempat mereka ditempatkan, mulai dari menjadi imam, khatib, serta tentunya membina para calon hafiz dan hafizah.

Para hafiz dan hafizah yang akan disebar rencananya mencapai 6.000 orang. Tapi, untuk tahap awal baru disebar 1.500 orang. Sisanya akan dilakukan secara bertahap hingga 2023. "Insha Allah di target kepemimpinan kami, 2023 tidak boleh lagi ada desa yang tidak punya hafiz atau hafizah," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Ia mengaku sangat terharu melihat program Sadesha bisa berjalan. Sebab, dulu itu hanya sebatas gagasan. Tapi, akhirnya program itu bisa terwujud.

Baca Ini Juga Yuk: Ridwan Kamil Ajak Milenial Indonesia Jadi CEO di Program OVOC

Sadesha sendiri adalah salah satu program unggulan Emil dan Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Program Sadesha pun diganjar penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Program itu tercatat sebagai Pengutusan Hafiz dan Hafizah Terbanyak di Indonesia.

Ini menegaskan bahwa program mengirimkan hafiz dan hafizah sebanyak itu belum pernah ada di Indonesia loh selain di Jawa Barat.

Di luar itu Sadesha, ada beragam program Islami lainnya yang dijalankan. Sebab, Emil dan Uu tak ingin sekadar melakukan pembangunan infrastruktur dan fisik. Ia ingin batin warganya juga dibangun. Salah satunya ada program Magrib Mengaji.

Melalui program ini, setiap magrib ada aktivitas mengaji di berbagai masjid se-Jawa Barat. Sehingga, warga, khususnya anak-anak, memiliki kegiatan yang bermanfaat saat magrib.

Ada juga program Subuh Berjamaah, Zakat Digital, Satu Pesantren Satu Perusahaan, hingga English for Ulama. "Total ada 10 program yang mudah-mudahan menjadi penyemangat bahwa Jawa Barat memang ingin Juara Lahir Batin," ungkap Emil.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler