Bangga! Pencak Silat Kini Diakui UNESCO

Bandung - Ada kabar baik nih dari Pencak Silat Indonsia. Seni bela diri tradisional ini kini diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda alias UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage (ICH) of Humanity. Wah membanggakan ya!

Penetapan ini dilakukan dalam Sidang ke-14 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bogota, Kolombia, pada Rabu (11/12/2019) waktu Kolombia atau Kamis (12/12/2019) waktu Indonesia.

Sidang ini dihadiri Duta Besar/Deputi Waki Tetap RI untuk UNESCO Surya Rosa Putra, Duta Besar Indonesia untuk Kolombia Priyo Iswanto, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Nadjamuddin Ramly, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, serta tim delegasi lainnya.

Bukan hal instan loh TemanBaik sehingga Pencak Silat bisa diakui UNESCO. Ada proses panjang yang dilakukan, mulai dari pengusulan hingga penetapan. Proses pengusulannya dilakukan pemerintah melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Baca Ini Juga Yuk: Emas Perdana dari Atlet Cabor Pencak Silat Puspa Arumsari

Sebelum diusulkan ke UNESCO, warisan budaya tersebut wajib melalui tahapan pencatatan dan penetapan. Di Indonesia, Pencak Silat sendiri sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda.

Beberapa yang tercatat di antaranya Pencak dari Jawa Barat, Silek Minang dari Sumatra Barat Silek Tigo Bulan dari Riau, Pencak Silat Bandrong dari Banten, Silat Beksi dan Silati Cingkrik dari DKI Jakarta.

Pencak Silat pun kemudian diusulkan ke UNESCO. Naskah Pencak Silat berjudul 'The Tradition of Pencak Silat' diterima Sekretariat ICH UNESCO pada Maret 2017 dengan nomor referensi IDN-01391. Lalu Pencak Silat akhirnya diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda leh UNESCO.

"Dengan masuknya Pencak Silat ke dalam ICH UNESCO menambah jumlah Warisan Budaya Indonesia menjadi 10 setelah sebelumnya keris, wayang, batik, pelatihan membatik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional ali, dan pinisi yang sudah ditetapkan UNESCO," kata Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Nadjamuddin Ramly dalam siaran persnya.

Pencak Silat sendiri dikenal sebagai jenis seni bela diri. Pencak Silat ini adalah tradisi yang ada di beberapa daerah di Indonesia dan diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam Pencak Silat, ada empat aspek yang terdapat di dalamnya, yaitu mental-spiritual, pertahanan diri, seni, dan olahraga.


Foto: Delegasi Indonesia dalam Sidang ICH UNESCO (dokumentasi Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler