Viral Ular Kobra ke Pemukiman Warga, Lakukan Antisipasi Ini

Bandung - TemanBaik tahu kan jika beberapa hari ini viral soal pemberitaan ular kobra yang masuk ke pemukiman warga di beberapa daerah di Indonesia? Pasti ngeri kan membayangkan jika ular masuk ke rumah kamu? Karena itu, kamu perlu melakukan langkah antisipasi. Simak ulasannya yuk!

Kurator Bandung Zoo Garden Panji Ahmad Fauzan mengatakan ada beberapa tempat yang disukai untuk ular kobra hidup. Umumnya, tempat yang disukai adalah tempat yang suhunya lembap dan jarang dilewati manusia.

Cek deh di sekitar rumahmu apakah ada lahan kosong yang jadi tempat tumbuhnya semak belukar. Periksa juga area di sekitar rumah yang diperkirakan suhunya lembab, misalnya gudang. Jangan lupa, periksa berbagai tempat dan sudut ruangan lainnya di rumah untuk memastikan tak ada tempat lembap yang justru dihuni ular kobra.

Jangan luput dari pemeriksaan juga ya bagian bawah tempat tidur. Sebab, ini adalah tempat yang tergolong lembap dan nyaman bagi ular kobra. Bagian bawah lemari hingga sofa dan benda lain juga harus diperiksa.

"Tutup juga bagian rumah yang terdapat celah-celah, ini harus dipastikan benar-benar tertutup," ujar Panji di Bandung Zoo Garden, Kota Bandung, Selasa (17/12/2019).

Bagian celah ini seperti bagian bawah pintu, jendela, hingga lubang saluran pembuangan air dan kloset. Sebab, ular kobra bisa saja masuk melalui celah-celah itu. "Gudang (dan tempat lembap lainnya) juga jangan lupa untuk dibersihkan," ucapnya.

Penyebab Ular Kobra ke Pemukiman

Mungkin TemanBaik bertanya-tanya kenapa sih ular kobra masuk ke pemukiman warga. Panji mengungkap dua kemungkinannya. Pertama adalah pemukiman warga itu dekat dengan ekosistem atau habitat ular kobra. Kedua, pemukiman warga itu bisa saja dulunya adalah tempat atau habitat ular kobra.

Tapi, ada faktor pendukung lain yang membuat ular kobra mendadak hadir di pemukiman warga. Itu karena di pemukiman warga tersebut terdapat tempat yang nyaman bagi ular berbisa tersebut.

Apalagi, pada musim hujan ini adalah waktu yang tepat bagi ular kobra untuk menetas. Sehingga, kehadiran ular kobra adalah bukan hal aneh. "Mungkin ada beberapa bidang tanah yang dibiarkan begitu saja atau ada ruangan yang jarang disentuh manusia. Itu jadi tempat yang cocok untuk habitat ular kobra," jelas Panji.

Nah, TemanBaik, sebaiknya lakukan antisipasi yang diungkapkan Panji ya. Jangan sampai deh kamu menyesal karena tiba-tiba ada ular kobra di sekitar rumahmu yang pastinya membahayakan keselamatan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler