Kapal Ini Jadi Pengawas Mencegah Pencurian Ikan di Papua

Jayapura - TemanBaik tahu kan jika Papua memiliki keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa? Salah satu yang cukup kaya di Papua adalah keberadaan ikan di perairannya. Mirisnya, ikan-ikan ini sangat sering dicuri loh TemanBaik.

Nah, untuk mengurangi dan mencegah pencurian ikan di perairan Papua, kini ada amunisi baru yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Sebab, belum lama ini Pemprov Papua mendapat bantuan dari pemerintah pusat berupa kapal dari dana alokasi khusus (DAK) 2019. Bernama KN. Korase, kapal ini akan jadi kapal pengawas yang beredar di perairan Papua.

Dengan hadirnya KN. Korase, pencurian ikan diharapkan terus berkurang. Harapan besarnya, kelak pencurian ikan tak ada lagi. Sebab, namanya juga pencurian, apa yang didapat jelas hanya menguntungkan segelintir pihak. Sedangkan rakyat Papua dan pemerintah tak mendapat keuntungan apa-apa.

"Memang idealnya mesti ada empat kapal pengawas di Papua. Namun, satu kapal yang sudah ada ini kita harap bisa menekan pencurian ikan di wilayah perairan Papua," kata Sekda Papua Muhammad Musa'ad di laman resmi Pemprov Papua.

Sebelum hadirnya KN. Korase, Pemprov Papua diakuinya sangat sulit mencegah pencurian ikan. Sebab, tak ada peralatan mumpuni untuk melakukan pencegahan dan penindakan.

Baca Ini Juga Yuk: Kembangkan Potensi Daerah Lewat Papua Muda Inspiratif

"Kita tahu bahwa sudah sejak lama terjadi pencurian ikan di Papua, tapi kita tidak bisa apa-apa. Sekarang kita sudah punya sarana (kapal pengawas KN. Korase) dan harapannya upaya pengawasan terhadap pencurian ikan bisa berjalan lebih baik," tutur Musa'ad.

Selain mencegah pencurian, hadirnya KN. Korase juga diharap dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Papua di bidang kelautan dan perikanan. Sebab, ikan-ikan yang ada kini akan sulit ditangkap secara ilegal karena perairannya diawasi.

Ia pun berharap seluruh dinas terkait di Papua melakukan terobosan agar kekayaan alam Papua bisa dicegah dari upaya pencurian. "Kekayaan alam Papua tidak di laut saja, tapi juga di hutan seperti kayu dan pertambangan, serta masih banyak lagi. Makanya saya harap SKPD lain ikut berinovasi untuk misi serupa," jelas Musa'ad.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua F.X. Moe mengungkap optimismenya bahwa KN. Korase akan berdampak positif. "Kita yakin kapal ini bisa meminimalisasi penangkapan ikan secara liar maupun pengambilan ikan tidak sesuai izin penangkapan," ucapnya.

Bukan tanpa alasan optimisme itu dimiliki. Itu karena KN. Korase punya beragam keunggulan. Sebagai gambaran, kapal ini memiliki panjang 16 meter. Kecepatannya mampu mencapai kecepakan maksimum 50 knot per jam. Kapal ini mampu melacak karang dan juga punya peralatan modern seperti GPS. Sehingga, kapal ini tak akan tersesat di lautan.


Foto: papua.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler