Ada Gerhana Matahari Nih, Hindari Melihat dengan Mata Telanjang

Bandung - TemanBaik tahu enggak jika Kamis (26/12/2019) siang ini akan terjadi fenomena gerhana matahari cincin? Gerhana ini akan terjadi di sebagian wilayah Sumatera hingga Kalimantan, tepatnya terlihat di 25 kabupaten/kota di tujuh provinsi. Simak ulasan lengkapnya yuk!

Apa sih gerhana matahari cincin? Gerhana ini terjadi akibat terhalangnya matahari oleh bulan tepat di bagian tengah. Sehingga, hal ini membuat matahari hanya akan terlihat area pinggirannya saja dan berbentuk seperti lingkaran cincin.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan waktu puncak gerhana matahari cincin paling awal terjadi di Sinabang, Aceh, pada pukul 11.55 WIB dan berakhir di Tanjung Redep, Kalimantan Timur pada pukul 14.10 WITA.

Meski begitu, wilayah lain di Indonesia juga bisa menyaksikannya, dari Aceh hingga Papua. Hanya saja gerhana yang terlihat tidak sempurna bentuknya alias tidak seperti cincin, misalnya berbentuk seperti sabit. Di Bandung misalnya, gerhana tetap bisa terlihat.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Fenomena Langit yang Diprediksi Bakal Terjadi di Tahun 2019

"Di Kota Bandung, saat puncak gerhana sebagian pada jam 12.38 WIB, matahari akan tertutup sebesar 76,4 persen," kata Tony.

Di Bandung, fenomena gerhana akan terjadi selama 3 jam 38 menit. Awal gerhana akan terjadi pukul 10.46 WIB, puncaknya pukul 12.38 WIB, dan berakhir pukul 14.24 WIB.

BMKG sendiri sudah menyebarkan informasi dan imbauan terkait gerhana matahari cincin tersebut. Salah satu imbauannya adalah untuk mewaspadai gerhana tersebut. Yang paling utama, jangan mengamati atau melihat gerhana tersebut dengan mata telanjang. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan kebutaan loh TemanBaik.

Bagaimana dengan penggunaan kacamata hitam? Segelap apapun kacamatanya, hal ini juga tetap tidak disarankan. Tapi, jika kamu punya filter khusus matahari pada kacamata, baru deh boleh melihat gerhana matahari cincin secara langsung. Jangan nekat ya TemanBaik daripada matamu nanti mengalami kerusakan!


Foto: BMKG


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler