Lakukan Ini Jika Terjadi Gempa Saat Kamu Tidur

Bandung - TemanBaik tahu kan Indonesia punya potensi tinggi terhadap terjadinya gempa bumi? Gempa bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bahkan, gempa bisa terjadi saat kita tertidur nyenyak di atas kasur. Jika ini terjadi, apa yang harus dilakukan?

"Kalau kita lagi tidur (dan terjadi gempa), segera masuk ke kolong ranjang," kata Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Barat Soma Suparsa di sela kegiatan Kilas Balik Provinsi Jawa Barat 2019 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (27/12/2019).

Kolong tempat tidur adalah tempat aman untuk berlindung. Sehingga, kita bisa terhindar dari reruntuhan bangunan atau benda lain saat keadaan sekitar bergoyang akibat gempa.

Cara ini sama dengan berlindung di bawah meja saat terjadi gempa. Ini adalah tempat aman untuk bersembunyi. Setelah gempa selesai, segeralah keluar rumah dan cari tempat terbuka.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Tepat Melindungi Kepala Saat Terjadi Gempa

Pertanyaannya, bagaimana jika di bawah kasur sangat sempit sehingga tak bisa jadi tempat berlindung? Gunakan bantal atau guling untuk melindungi kepala. Setelah itu, merapatlah ke area dinding. Hindari posisi berlindung di dekat lemari atau yang terdapat kaca. Sama dengan cara di atas, segeralah keluar rumah saat gempa selesai.

"Intinya kalau ada gempa (saat sedang di atas kasur), segeralah ke kolong ranjang. Kalau enggak ada kolongnya, lindungi kepala pakai bantal," jelas Soma.

Setelah berada di luar rumah dan tempat terbuka, tunggu hingga situasi benar-benar aman. Sebab, bahaya tetap mengintai meski gempa sudah usai. "Pasca gempa, tetap waspada, karena biasanya ada gempa susulan atau bahaya lain," ungkap Soma.

Seperti apa sih bahaya lain itu? Beberapa potensi yang mungkin terjadi salah satunya kebakaran. Atau bangunan di tempat kamu tinggal bisa saja ada bagian yang menjadi mudah runtuh atau jatuh. Karena itu, jika situasi sudah aman, pastikan tempat kamu tinggal aman. Periksa dengan baik apakah ada bagian rumah yang berpotensi runtuh atau tidak, termasuk lemari dan benda-benda yang posisinya ada di atas.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler