FIB Unpad Kini Punya Pusat Pendidikan & Pengajaran Bahasa Rusia

Bandung - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjajaran (Unpad) kini memiliki Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia loh. Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia ini dibuat atas kerja sama FIB Unpad dengan Organisasi non-profit Pusat Pendidikan Lintas Budaya (Federasi Rusia) atau ANO Etnosfera.

Tempat ini diresmikan oleh Dekan FIB Unpad Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D., bersama Dekan Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya Moscow Pedagogical State University (MPSU), Rusia, sekaligus Anggota Dewan dan Direktur Jenderal ANO Etnosfera Prof. Elena Aleksandrovna Omelchenko yang berlokasi di Gedung Dekanat lantai 3 FIB Unpad, Senin (23/12).

Melansir laman resmi unpad.ac.id, Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D., mengaku senang dan berharap tempat ini dapat bermanfaat, tak hanya bagi mahasiswa namun juga masyarakat umum.

"Kami sangat senang dan sangat menyambut hangat atas kerja sama dan dukungan pihak Rusia khususnya kepada prodi Sastra Rusia FIB Unpad, berupa bantuan berbagai fasilitas, yang tentunya nanti semua fasilitas ini akan sangat bermanfaat bagi upaya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Rusia sekaligus lebih mengenalkan lagi budaya Rusia, tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika dan juga masyarakat umum," ujar Yuyu.

Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia FIB Unpad merupakan pusat pengembangan program pendidikan dan pengajaran Bahasa Rusia jarak jauh yang didukung oleh tenaga-tenaga kompeten. Selain itu, juga sebagai pusat kegiatan kebudayaan, pendidikan, dan informasi yang bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahasa dan budaya Rusia di Republik Indonesia.

Baca Ini Juga Yuk: Kini Unpad Punya Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda

Di hari yang sama, ditandatangani juga naskah kerja sama oleh Dekan FIB Unpad dengan Anggota Dewan dan Direktur Jenderal ANO Etnosfera, Prof. Elena Alexandrovna Omelchenko. Penandatanganan naskah kerja sama diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Federasi Rusia dan didukung oleh Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya Moscow Pedagogical State University (MPSU).

Selain dalam rangka pendirian Pusat Pendidikan dan Pengajaran, naskah kerja sama yang ditandatangani di antaranya untuk pengembangan kerja sama ilmu pengetahuan, pendidikan, dan budaya. Dengan penekanan pada hubungan persahabatan antara negara Federasi Rusia dengan Republik Indonesia.

Manajer Riset dan Kerja Sama FIB Unpad, Taufik Ampera, M.Hum., menyampaikan harapan agar kerja sama tersebut juga bisa dikembangkan pada hal-hal lain seperti pertukaran mahasiswa, peningkatan kompetensi dosen, program double degree, join research, dan bentuk kerja sama lainnya.

Pada rangkaian acara penandatangan kerja sama tersebut, dilaksanakan pula seminar dengan tema 'Bahasa dan Budaya Rusia di Era Modern'. Pada seminar tersebut delegasi dari Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya MPSU menyampaikan topik-topik yang menarik terkait dengan perkembangan bahasa dan budaya Rusia di era modern.

Selain dihadri oleh dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sastra Rusia, kegiatan seminar juga dihadiri oleh komunitas peminat budaya Rusia yang ada di Bandung.


Foto: unpad.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler