Cara Ridwan Kamil dan Keluarga Nikmati Liburan Akhir Tahun

Banyuwangi - Menghabiskan waktu liburan akhir tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeksplorasi Destinasi wisata yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bersama keluarganya, Kang Emil, sapaan akrabnya mendaki Gunung Ijen untuk melihat fenomena api biru (blue fire) yang mendunia.

"Bisa lihat blue fire rasanya terpuaskan. Alhamdulillah, senang banget bisa lihat blue fire. Dalam perjalanan ada quality time dengan keluarga. Anak-anak bisa saling curhat dengan orang tua. Ini perjalanan yang berharga buat saya," katanya yang dilansir dari laman banyuwangikab.go.id

Selain itu, ia juga mengunjungi Taman Gandrung Terakota, situs budaya yang memiliki ribuan patung penari gandrung di lahan sawah terasering di kaki Gunung Ijen.

Taman tersebut merupakan kawasan taman bumi (geological park/geopark) nasional. Situs ini ada untuk merawat dan meruwat Tari Gandrung, salah satu identitas kebudayaan Banyuwangi.

Situs budaya tersebut terhampar di area puluhan hektar lahan persawahan. Areanya berdampingan langsung dengan aktivitas petani seperti membajak sawah dengan kerbau, menanam dan memanen padi. Uniknya, di tengah hamparan sawah rupanya terdapat amphitheater terbuka yang bisa digunakan untuk pertunjukan kesenian tradisional berjadwal dan konser musik jazz. 

”Tempatnya keren, dirancang sangat profesional. Ditambah lagi suasana  pegunungan yang sangat mendukung," ujar Kang Emil.

Sesekali, Kang Emil cekatan mengambil foto untuk mengabadikan keindahan taman tersebut dari berbagai angle.
Ia menyusuri setiap jengkal Taman Gandrung Terakota hingga turun ke bibir aliran kolam yang mana terdapat jejeran patung penari Gandrung.

”Sebuah taman luar biasa. Ada patung Gandrung yang khas, yang bertebaran di persawahan, pelataran, dan kolam air. Apalagi di sini ada fasilitas sanggar seni, galeri, kafe cokelat dan kopi. Lengkap dan asyik,” ungkap Emil.

Selanjutnya, Bapak dua anak itu juga sempat menikmati berbagai karya seni yang ada di Galeri Jiwa Jawa, yang berada di kompleks taman tersebut. Di sana terdapat seni patung, fotografi, wayang, instalasi seni hingga lukisan bertemakan aktivitas penari Gandrung.

"Wah, ternyata di kaki Gunung Ijen ada galeri seni luar biasa. Galeri ini memberikan keunikan yang semakin menguatkan kekhasan Banyuwangi. Semoga bisa menginspirasi daerah lain," imbuhnya.

Foto: Dok. Humas Banyuwangi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler