Unik! Ada Kampung Sayur di Tengah Kota Yogyakarta

Yogyakarta - Ada banyak cara untuk menciptakan suasana di tengah hiruk pikuk kota agar terasa lebih segar dan sejuk. Caranya adalah dengan bercocok tanam. Hal ini lah yang kemudian dilakukan oleh warga di kampung Lempuyangan, Danurejan, Yogyakarta.

Kawasan Lempuyangan lalu dijadikan sebagai Kampung Sayur. Kenapa begitu? Disadari atau tidak, saat melintasi kawasan ini hampir semua warganya tidak memiliki halaman rumah, maka dari itu lah lahan kosong di sudut kampung dimanfaatkan untuk kegiatan bercocok tanam.

Kampung Sayur adalah buah karya tangan para warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Asri. Saat melintas, di sudut kanan dan kiri gang nampak hijau segar. Berbagai sayuran seperti cabai, seledri, tomat, kobis, terong, sawi, kacang panjang, dan sayur-mayur lain tumbuh subur di dalam media tanam berupa polybag atau pot plastik yang disusun bertingkat.

"Ide awal pencetusan Kampung Sayur ini sebenarnya adalah untuk memfasilitasi para warga yang mempunyai hobi bertani dan bercocok tanam," ujar Mahfud, Ketua Kelompok Tani Sumber Asri melalui keterangan resminya di laman jogjakota.ac.id.

Mahfud menambahkan kegiatan menanam ini sangat membantu para IRT untuk mengurangi beban biaya belanja, terlebih lagi bisa menjadikan lingkungan bersih dan hijau.

"Gampang dan cepat masa tumbuhnya, jadi enggak usah belanja ke pasar, tinggal petik dan masak. Dan lebih sehat karena enggak pakai pestisida kimia, pengeluaran bulanan juga pasti berkurang, asalkan siklus tanamnya disusun, jadi panennya bisa gantian," jelasnya.

Para warga yang tergabung di Kelompok Tani Sumber Asri ini  juga rupanya membuat pupuk sendiri loh untuk tanamannya. Yang mana bahan dasar pembuatan Pupuk ya terbuat dari tanaman sayur dan buah milik para anggota yang membusuk.

"Benda yang busuk pun bisa kami ubah menjadi barang yang bermanfaat. Dulu kami pernah mendapat pelatihan pembuatan pupuk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya. Saat ini kita sudah bisa sendiri mengolahnya," ungkapnya

Dengan adanya Kampung Sayur, Mahfud berharap nantinya akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan manfaat menanam sayur dan buah di pekarangannya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler