Bijak Berkendara di Tengah Cuaca Ekstrem Saat Musim Liburan

Bandung - TemanBaik, tahu kan belakangan ini cuaca sedang ekstrem? Terkadang, suhu sangat panas dan matahari terasa begitu terik. Tapi, tak lama berselang, hujan bisa tiba-tiba muncul dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Masalahnya, masa liburan Natal dan Tahun Baru masih ada beberapa hari ke depan. Bagaimana ya menyiasatinya jika kamu ingin berkendara untuk pergi liburan atau melakukan kegiatan lain di tengah cuaca ekstrem?

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari memberi tipsnya nih TemanBaik. Yang pertama harus dilakukan, pastikan kondisi kendaraan benar-benar fit dan layak pakai.

"Kepada warga Jawa Barat dan pelintas jalan-jalan di Jawa Barat, baik yang akan berwisata atau melakukan aktivitas lain, siapkan kendaraan dalam kondisi fit, seperti ban tidak gundul dan rem berfungsi dengan baik," kata Hery.

Yang tak kalah penting adalah berkendaralah saat kondisi fisik kamu sehat. Hal ini bisa jadi penentu keselamatan kamu. Sebab, sebaik apa pun kondisi kendaraan, jika kondisi tubuh tidak fit, ujungnya keselamatan kamu dan penumpang akan terancam.

Lalu, apa yang harusnya dilakukan saat bencana terjadi ketika kamu di perjalanan? Berpikirlah dengan bijak. Apa yang kamu lakukan sebaiknya dipikirkan dengan matang demi keselamatan.

"Ketika terjadi bencana, bijak-bijaklah dalam melakukan perjalanan. Bisa melaju pelan-pelan, bisa berhenti, dan lain-lain," kata Hery.

Yang paling terasa saat ini tentu hujan deras disertai angin kencang. Hal ini akan membuat perjalanan kamu mungkin terganggu karena jarak pandang yang terbatas.

Kamu sebaiknya memperkirakan apakah aman untuk tetap melaju, menurunkan kecepatan, atau berhenti. Tapi, bahaya lain juga mengintai, mulai dari banjir hingga tanah longsor.

Karena itu, selain berpikir dan bersikap bijak, penting untuk mengikuti jika ada arahan dari petugas di lapangan. Informasikan juga kepada petugas atau instansi terkait jika kamu menemukan bencana. Sehingga, bencana bisa segera ditanggulangi dan perjalanan kamu serta orang lain kembali lancar.

Ilustrasi: unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler