Menikmati Aneka Si Raja Buah di Pesta Durian Bali

Akhir tahun adalah musim Durian di Kabupaten Buleleng, Bali. Merayakan pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Buleleng menggelar Pesta Durian, Selasa (31/12/2019) di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Singaraja.

Lewat Pesta Durian ini petani didorong untuk terus mengembangkan varietas Durian lokal yang memiliki kualitas baik. Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyampaikan pesta ini semacam menjadi sayembara untuk menemukan varietas durian lokal dengan genetik asli.

"Sehingga antinya bisa dijadikan pilot project untuk dikembangkan ribuan pohon durian di wilayah Buleleng," ucapnya. Petani yang datang dari seluruh kecamatan dipersilakan membawa lebih dari 1 buah durian yang akan dikonteskan.

Durian yang dinyatakan sebagai pemenang, peserta yang bersangkutan wajib menunjukkan pohon duriannya. Karena pohon durian tersebut akan dijadikan indukan untuk pengembangan buah lokal durian yang baru.

"Untuk pengembangannya nanti bisa tempelan atau sambungan. Kalau tempelan, nanti pohon durian yang jadi indukannya akan menjadi mata tempel pengembangan durian lokal yang baru," terang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Made Sumiarsa.

Dalam lomba itu, penilaian buah durian meliputi ukuran, aroma, tingkat rasa, besar kecil biji durian, kemudian tekstur buah hingga warna daging buah. Ia menambahkan ini adalah upaya mengeksplor buah lokal durian dari Buleleng. 

Kontes ini diikuti oleh 180 peserta dari berbagai wilayah di Buleleng. Pengunjung yang hadir juga diberi kesempatan untuk mencicipi manis dan legitnya buah durian lokal Buleleng.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler