Lakukan Ini Sebelum Sumbang Pakaian ke Lokasi Bencana

Bandung - Dalam beberapa hari terakhir ini bencana terjadi di mana-mana, mulai dari banjir hingga tanah longsor. Momentum seperti ini biasanya membuat orang tergerak untuk memberi sumbangan atau bantuan berupa makanan hingga pakaian.

Salah satu bantuan yang banyak diberikan biasanya pakaian. Tapi, ada langkah penting yang harus kamu lakukan sebelum menyumbang pakaian. Apa saja ya?

1. Harus Layak Pakai
Pakaian layak pakai ini sebenarnya enggak ada standar baku. Tapi, kamu tentu bisa memperkirakan pakaian seperti apa yang layak untuk disumbangkan. Syukur-syukur bisa menyumbang pakaian baru. Jika hanya mampu menyumbang pakaian bekas, pastikan layak pakai ya TemanBaik.

Jika pakaian yang kamu sumbangkan bekas dan ternyata enggak layak pakai, ujung-ujungnya enggak akan bermanfaat. Yang ada, pakaian itu justru akan menjadi sampah.

2. Klasifikasi
Menurut Ketua Jabar Quick Response Mochammad Hanif, klasifikasi pakaian sangat penting. Hal ini akan memudahkan dalam pendistribusian kepada korban bencana.

"Klasifikasi itu penting, misalnya kalau ini pakaian anak, kemas dengan sesama pakaian anak, jangan disatukan dengan pakaian orang dewasa," kata Hanif.

Agar lebih memudahkan lagi dalam pendistribusian, beri tanda atau tulisan pada kemasan pakaian. Sehingga, pakaian bayi, anak, orang dewasa, serta laki-laki dan perempuan bisa mudah disalurkan.

Sementara jika semuanya digabungkan, hal itu akan menyulitkan petugas di lokasi bencana untuk mendistribusikan. Sebab, mereka harus memilah masing-masing pakaian untuk diklasifikan dan disalurkan. Intinya, hal ini akan menyita waktu petugas.

Klasifikasi ini juga perlu kamu lakukan terhadap bantuan lain seperti makanan. Sehingga, satu sama lain makanan tidak bercampur dalam satu kemasan. Susu misalnya hanya disatukan dengan susu atau makanan bayi, bahan makanan kering dengan makanan kering, bahan makanan mengandung air dengan makanan mengandung air lagi, dan lain-lain.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler