Ini Pesan Tri Rismaharini bagi Para Nelayan Hadapi Cuaca Ekstrem

Surabaya - Dalam beberapa waktu ke depan cuaca ekstrem akan terjadi, termasuk di Surabaya. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sosialisasi dan pembinaan kepada para nelayan pesisir di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Romokalisari, Benowo Kota Surabaya, pada Rabu (08/01/2020).

Sosialisasi ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menghadapi cuaca ekstrem yang diprediksi berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Kegiatan ini ditujukan kepada para nelayan di tiga kecamatan, yakni Krembangan, Benowo dan Asemrowo.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca dalam seminggu ke depan diprediksi tidak bagus. Karena itu, pihaknya mengimbau para nelayan agar memerhatikan kondisi cuaca terkini sebelum berangkat melaut.

"Saya sedih kalau ada warga saya yang kena musibah. Karena itu, tolong sekali lagi saja saya titip, kalau cuaca kondisi buruk, tolong jangan dipaksakan untuk melaut," katanya di laman surabaya.go.id.

Baca Ini Juga Yuk: Pekalongan Siapkan Tim Kesehatan Siaga Bencana di Musim Hujan

Maka dari itu, sebelum nelayan berangkat melaut, Wali Kota yang biasa dipanggil Risma itu menyarankan agar para nelayan melihat Weather Information Display (WID) untuk mendapatkan informasi seputar kondisi cuaca.

Videotron atau WID tersebut, dapat membantu mereka mendapatkan informasi tentang keselamatan perairan. Yang mana dapat digunakan sebagai acuan untuk pergi menangkap ikan. "Yang biasanya panjenengan (anda) akan berangkat ke laut, panjenengan bisa melihat nanti (WID). Kenapa ini penting, karena ini untuk keselamatan panjenengan semuanya," terangnya.

Risma berharap para nelayan tidak hanya melakukan hal ini dalam beberapa hari ke depan saja. Tapi mereka bisa terus memanfaatkan WID sebelum berangkat melaut. "Ini saya berharap berlanjut seterusnya, bukan hanya untuk seminggu ini. Saya harap panjenengan (anda) tetap melihat (WID) itu," harapnya.

Selama para nelayan berhenti melaut karena kondisi cuaca buruk, Pemkot Surabaya juga memberikan bantuan berupa beras untuk kebutuhan sehari-hari mereka nih TemanBaik. "Kalau misalkan nanti cuacanya jelek, panjenengan (anda) tidak bisa melaut, saya coba memberikan bantuan sedikit, ada beras yang bisa panjenengan gunakan," tuturnya.


Foto: Surabaya.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler