Sekarang Daftar Haji dan Urus Nikah Bisa Lewat Aplikasi Ini

Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta terus memperluas jangkauan pelayanan berbasis digital melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Sekarang aplikasi ini sudah bisa melayani pengurusan dokumen penting lainnya seperti pendaftaran haji dan pengurusan dokumen pernikahan. Inovatif ya, TemanBaik!

Jogja Smart Service juga sudah bisa diunduh oleh pengguna smartphone berbasis Android di Google Play Store. Dengan begitu hanya dengan bermodalkan smartphone, kini warga Yogyakarta bisa merasakan kemudahan mengurus segala dokumen penting yang dibutuhkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogykarta, Nur Abadi mengatakan selain mengurus dua dokumen yang telah disebutkan, masyarakat juga bisa menikmati layanan lainnya seperti konsultasi hak waris, zakat, hingga wakaf.

"Tidak hanya konsultasi haji, tapi juga mendapatkan pelayanan pendaftaran haji. Selama ini pendaftaran nikah itu mulai dari RT, RW sampai ke kecamatan. Kalau ini nanti pendaftarannya bisa online," katanya lewat keterangan resmi di laman jogjakota.go.id.

Layanan lainnya yang bisa dinikmati masyarakat meliputi pelayanan persuratan, legalisasi dokumen, pengumpulan laporan bulanan, alibi dari KUA dan guru, permohonan surat tugas hingga rekomendasi bantuan pembangunan.

Baca Ini Juga Yuk: Asyik! Sekarang Warga Jogja Bisa Fitness Gratis di Lapangan Ini

Aplikasi Jogja Smart Service juga sudah terintegrasi loh dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Di mana aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sehingga anak didik yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi nantinya dapat dipermudah.

Lebih lanjut, Plt Asisten Wali Kota Bidang Kesejahteraan Rakyat Sisruwadi mengungkapkan integrasi ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk terus mengembangkan dan memberikan pelayanan yang mudah bagi warga Yogyakarta.

"Masyarakat saat ini membutuhkan pelayanan yang cepat ringkas tanpa melalui proses birokrasi yang panjang," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat di dunia maya saat ini lebih berani dalam mengeluhkan hal yang kurang dalam pelayanan, sehingga fenomena ini dijawab melalui pendekatan terpadu untuk menjawab ekpektasi masyarakat.

"Selain sebagai bentuk kesungguhan reformasi birokrasi, layanan ini juga sejalan dengan konsep pembangunan kota Yogyakarta sebagai kota cerdas. Dimana masyarakat dimudahkan dalam memperoleh dokumen, administrasi, perizinan, akses informasi terbaru dan menyampaikan keluhan secara langsung terhadap pelayanan pemerintah yang sudah terintegrasi dengan beberapa instansi," bebernya.


Foto: Humas Jogja/jogjakota.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler