Aksi Keren Brigadir Dodi Berenang Demi Bersihkan Sampah

Tapin Utara - TemanBaik, ada aksi keren nih yang dilakukan seorang polisi bernama Dodi. Kesehariannya, ia bertugas sebagai Babinkamtibmas Polsek Bakarangan, Polres Tapin, di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Hari ini, Kamis (9/1/2020), Dodi berenang di Sungai Tapin untuk membersihkan sampah. Seperti apa ya aksinya?

Di akun Instagram @humaspoldakalsel, Dodi yang memakai seragam polisi terlihat berjibaku di sungai yang airnya berwarna coklat. Di sekelilingnya begitu banyak sampah, terutama batang pohon, ranting, eceng gondok, dan dedaunan.

Sesekali ia terlihat menyelam dan membawa kayu. Ia berusaha membuat sampah yang menumpuk bisa menyebar dengan menggunakan kayu. Tujuannya agar sampah bisa dengan mudah diangkat dari lokasi.

Aksi Dodi sebenarnya tak sendiri. Ia bahu-membahu bersama warga sekitar untuk membersihkan sampah di sungai tersebut. Dalam video itu terlihat ada warga lain yang juga ikut terjun ke sungai. Sementara di area sekitar dan di atas jembatan terlihat ada polisi lainnya, TNI, serta berbagai pihak lain yang berbagi tugas.

Tapi, aksi Dodi tentu jadi perhatian tersendiri. Apalagi, ia masuk ke dalam sungai dengan berseragam polisi. Tujuan besarnya, Dodi dan berbagai pihak yang terlibat dalam aksi bersih-bersih itu ingin mencegah Sungai Tapin meluap dan mengakibatkan banjir di daerah sekitar.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Kota Semarang Tanggulangi Masalah Banjir Tahunan

"Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah luapan sungai yang dapat menyebabkan banjir," kata Dodi di laman resmi Divisi Humas Polri.

Ia berharap aksi yang dilakukannya menjadi inspirasi bagi polisi lain, terutama personel di Polda Kalimantan Selatan. Sebab, saat ini sejumlah wilayah di Indonesia sudah cukup sering dilanda hujan, termasuk di Kalimantan Selatan. Sehingga, perlu langkah agar sungai dan lingkungan yang ada diharapkan tak dilanda banjir.

"(Harapannya) menjadi semangat personel lain untuk membersihkan lingkungan saat musim hujan untuk mempersiapkan jika terjadi bencana alam banjir," jelas Dodi.

Sementara itu, Polres Tapin sendiri sudah bersiaga untuk menghadapi potensi bencana. Setiap polsek di Kabupaten Tapin siap dijadikan posko siaga bencana jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Secara khusus, Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Sehingga, korban bisa diminimalisir jika bencana terjadi.

"Tetap jaga keselamatan dan kesiapsiagaan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, baik banjir ataupun longsor. Sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dan material," imbau Eko.


Foto: www.humas.polri.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler