Mengenal FOD Bin, Tempat Sampah Khusus yang Ada di Bandara 

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum kalau bandara memiliki sebuah tempat sampah khusus yang bernama Foreign Object Debris Bin atau yang dikenal dengan sebutan FOD Bin. Apa fungsinya sama dengan tempat sampah seperti umumnya? Yuk simak penjelasannya.

FOD Bin hadir untuk menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan. Sebab, pergerakan pesawat udara harus steril dari benda-benda asing yang disebut Foreign Object Debris (FOD). Untuk itu, petugas secara rutin akan memeriksa dan memasukkan FOD ke tempat sampah khusus tersebut.

Walaupun FOD Bin adalah 'tempat sampah', tapi TemanBaik enggak boleh buang sampah di tempat itu ya. Ada alasannya loh kenapa kamu enggak boleh membuang sampah di FOD Bin.

Baca Ini Juga Yuk: Uniknya Desain Jukung pada Atap Terminal Bandara Syamsudin Noor

Soalnya 'sampah' yang bisa masuk FOD Bin adalah benda-benda, objek asing, atau material berbahaya yang berpotensi mengakibatkan kerusakan di area sisi udara, seperti sampah, sisa karet dan ban pesawat, batu-batu kecil sisa konstruksi, dan sebagainya.

Sampah tersebut bisa berpotensi masuk ke area sisi udara dan bisa membahayakan operasional penerbangan. Setelah dikumpulkan di FOD Bin, benda-benda asing itu nantinya akan dipilah dan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Jadi, jangan buang sampah sembarangan di bandara, ya TemanBaik.


Foto: Instagram.com/bandarayogyakarta

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler