Dekranasda Bali Ajak Masyarakat Pakai Tenun Asli

Kota Denpasar - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Putri Suastini Koster mengajak masyarakat Bali untuk senantiasa menggunakan kain tenun asli. Ajakan ini adalah upaya untuk menyejahterakan para perajin kain tenun.

"Kain tenun Bali merupakan warisan budaya yang harus lestarikan bersama dan kita kembangkan. Kita kaya akan motif dan bahan tenun yang berkualitas," ujarnya, Sabtu (11/1/2020) dalam acara HUT Ke-6 Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB).

Dia mengimbau pada anghota KCKB untuk berperan aktif menyosialisasikan penggunaan kain tenun Bali kepada masyarakat. Terlebih saat ini sangat banyak beredar kain tenun cetakan yang dari segi kualitas dan bahan berbeda dengan kain tenun asli.

Baca Ini Juga Yuk: Bali Dorong Potensi Pariwisata MICE

"Akhir-akhir ini banyak beredar kain tenun printing yang keberadaannya bisa mematikan kain yang ditenun oleh para perajin. Saya minta kita semua gunakan kain tenun asli. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan warisan pendahulu," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan tidak saja hasil karya perajin yang dilestarikan, tetapi juga kesejahteraan para penenun tradisional bakal meningkat. "Dengan memakai kain tenun Bali, kita sejahterakan para perajin dan penenun," sambungnya.

Pada kegiatan ini juga diisi dengan fashion show yang melibatkan para desainer anggota KCKB, di antaranya ada Puri Suar Butik, Diah Mode, Rina Kesuma, Ratu Bali, dan Adimas.


Foto: Humas Pemprov Bali

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler