Bali Bakal Jadi Percontohan Pariwisata Aman Bencana BNPB

Denpasar - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah mempersiapkan konsep daerah pariwisata prioritas yang memiliki kesiapsiagaan bencana yang tinggi. "Konsep ini sepenuhnya tidak bisa dirancang di Jakarta, tetapi juga perlu melibatkan lembaga di daerah," ujar Kepala BNPB, Doni Monardo, Senin (13/1/2020) di, Denpasar, Bali.

Ia menyebutkan dalam konsep pariwisata aman bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memegang peran penting. "Yang diharapkan dari konsep pariwisata aman bencana adalah peningkatan kelembagaan BPBD, SDM, manajemen, teknologi, serta tingkat kesiapsiagaan," papar Doni.

Pihaknya mengatakan Bali bakal dicanangkan menjadi prioritas penerapan konsep ini. "Bali sebagai destinasi wisata dunia, diharapkan menjadi ujung tombak atau contoh sehingga bisa diikuti daerah lainnya," ucapnya.

Baca Ini Juga Yuk: Bali Dorong Potensi Pariwisata MICE

Kepala BPBD Provinsi Bali, Made Rentin mengatakan konsep pariwisata aman bencana setidaknya bisa menjamin wisatawan yang berkunjung ke Bali. "Wisatawan mendapat jaminan keamanan dan kenyamanan. Kami BPBD akan mengambil bagian untuk mewujudkan dan merealisasikan konsep tadi," ucapnya.

Selanjutnya BPBD yang berada di kawasan prioritas pariwisata bakal terintegrasi untuk kesiapsiagaan yang lebih baik. "Ketika terjadi sesuatu, seluruh instansi  di daerah bisa langsung bergerak secara mandiri. Tidak perlu menunggu komando atau permintaan," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini tengah melakukan standarisasi kesiapsiagaan bencana bagi hotel. "Saat ini ada sekitar 80 di Bali Selatan yang sudah memiliki sertifikat kesiapsiagaan. Kami menargetkan secara bertahap 2022 semua hotel di Bali sudah memiliki sertifikat kesiapsiagaan," tutupnya.

Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler