Mantap! Terminal Bandara Pekanbaru Siap Tampung 5 Juta Penumpang

Sejumlah bandara di bawah PT Angkasa Pura II bakal beroperasi dengan terminal penumpang pesawat yang lebih luas pada tahun 2020. Salah satunya adalah Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru.

Saat ini, PT Angkasa Pura II tengah mempersiapkan terminal penumpang di Sultan Syarif Kasim II mencapai 44.000 meter persegi atau satu setengah kali lipat dari ukuran saat ini yakni 29.000 meter persegi.

Dengan perluasan tersebut, maka nantinya kapasitas terminal menjadi 5 juta penumpang per tahun dibandingkan dengan eksisting hanya 3,5 juta penumpang per tahun. Perluasan terminal dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas udara di Pekanbaru selain itu juga untuk mengakomodir jumlah penumpang pesawat yang terus meningkat.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Awaluddin Ubah Wajah Bandara Jadi Bergaya Milenial 

Pada 2018, Sultan Syarif Kasim II sudah melayani sebanyak 4,13 juta penumpang. Sementara itu pada Januari hingga Juli 2019, jumlah penumpang pesawat sudah mencapai sekitar 1,8 juta penumpang.

Untuk mendukung perluasan terminal tersebut, jumlah konter check-in akan bertambah. Jumlah konter check-in yang saat ini 19 konter akan menjadi 29 konter. Tak hanya itu, Garbarata juga bertambah dari 4 unit menjadi 6 unit.

Buat TemanBaik yang belum tahu nih, status Bandara Bintang 4 di Regional (4-Star Regional Airport Rating) disematkan Skytrax kepada Sultan Syarif Kasim II pada 2018 loh. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab penumpang pesawat mengaku puas dalam proses keberangkatan, kedatangan, transfer penerbangan, serta hasil dari evaluasi fasilitas, kenyamanan terminal, kebersihan, area perbelanjaan, F&B, layanan staf bandara, keamanan hingga imigrasi.

Adapun bandara lainnya yang mendapat stasus Bintang 4 antara lain Charles de Gaulle di Paris (Prancis), Perth International Airport (Australia), dan Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang yang juga dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

Foto: wikipedia.org

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler