Ini yang Dilakukan di Vihara Jelang Imlek

Bandung - Imlek tentu jadi hal yang sangat istimewa bagi warga keturunan Tionghoa. Mereka sangat antusias menyambutnya. Berbagai persiapan pun dilakukan.

Salah satu yang dilakukan adalah membersihkan vihara. Di Vihara Dharma Ramsi Bandung, aksi bersih-bersih seluruh area vihara sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu secara bertahap. Sehingga, Vihara Dharma Ramsi tampak asri.

"Kalau bersih-bersih sudah dilakukan. Biasanya dilakukan sejak sebulan sebelum Imlek," kata relawan Vihara Dharma Ramsi Asikin saat ditemui di lokasi, Selasa (14/1/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Sembahyang Wan Fuk, Bentuk Rasa Syukur Warga Tionghoa

Hari ini, sembahyang Wan Fuk juga dilakukan. Ini adalah sebagai bentuk syukur dan ucapan terima kasih kepada para dewa. Kegiatan ini juga diwarnai dengan pembakaran kertas dengan lapisan berwarna emas berbentuk pakaian dari ujung kepala hingga kaki.

Masih ada lagi loh kegiatan lain menjelang Imlek. Pada 19 Januari mendatang akan dilakukan mencuci rupang. Apa sih rupang? Rupang ini istilah yang sering dikenal adalah patung atau arca.

Yang paling menarik, pada 22-24 Januari nanti, lilin-lilin raksasa akan mulai dipasang di sekitar vihara. Tingginya ada yang lebih dari 1 meter loh. Warnanya pun sangat identik dengan perayaan Imlek, yaitu merah.

Lilin-lilin ini diproduksi di Vihara sudah lama. Bahkan, banyak pemesan lilin raksasa ini dari berbagai daerah. Saat ini, para pekerja di sana terus menggeber proses pembuatan lilin.

Puncaknya, pada 24 Januari, tepat pukul 24.00 WIB, lilin-lilin yang sudah dipasang di vihara ini akan dinyalakan. Ini jadi penanda pergantian tahun dalam kalender China.

"Jadi, nanti tanggal 22-23 Januari lilin harus selesai dipasang karena tanggal 24 Januari tengah malamnya lilin akan dinyalakan," jelas Asikin.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler