Asyik! Jalan Braga Bakal Disulap Jadi Lebih Tertib

Bandung - TemanBaik ada yang sudah pernah berkunjung ke Jalan Braga di Kota Bandung? Pasti tahu dong jika tempat ini sangat menarik untuk dijadikan objek swafoto. Sebab di tempat ini terdapat banyak bangunan heritage alias cagar budaya.

Di sini, bangunannya mayoritas adalah peninggalan dari zaman kolonial Hindia-Belanda. Kesan artistik dan kuno pun masih bertahan hingga kini. Alhasil, wisatawan yang datang ke Bandung mungkin akan terasa belum lengkap jika belum mengunjungi Jalan Braga dan berfoto di sana.

Di tempat ini berjejer pertokoan yang menyajikan aneka kuliner memanjakan lidah, toko pakaian, penjual lukisan, hingga tempat hiburan. Intinya jika kamu ke Bandung, wajib deh datang ke sini.

Keindahan di sana juga bertambah berkat jalan yang terbuat dari batu andesit. Selain itu, ada berbagai pepohonan yang cukup asri. Bahkan, dalam momen tertentu, pohon tabebuya yang sekilas mirip bunganya mirip bunga sakura akan menambah keindahan.

Tapi, bagi yang pernah berswafoto di Jalan Braga, tentu akan merasa kurang nyaman. Sebab, beberapa objek foto justru terhalang kendaraan yang diparkir di sebelah kanan jalan. Selain itu, kemacetan kerap terjadi karena badan jalan yang bisa dipakai menjadi lebih kecil.

Dalam waktu dekat, eksotisnya Jalan Braga akan bisa lebih dinikmati loh TemanBaik. Sebab, nantinya tak akan ada lagi kendaraan yang diperbolehkan parkir di lokasi. "Mudah-mudahan itu (Jalan Braga) bisa jadi satu destinasi wisata kota tua ya," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Kilas Balik Jalan Braga, Jalan Paling Eropa se-Hindia Belanda

Sebenarnya, selama ini Jalan Braga memang sudah menjadi destinasi wisata kota tua. Tapi, hal itu belum ditetapkan secara resmi. Destinasi wisata itu terbentuk dengan sendirinya.

Agar menjadi destinasi wisata kota tua, kawasan tersebut akan mendapat polesan khusus. Berbagai sarana pendukung untuk wisatawan akan dikerjakan. Tapi, sabar dulu ya, rencana penataannya masih perlu dibahas lebih lanjut.

Yang akan diproitaskan lebih dulu adalah pelarangan parkir di sepanjan Jalan Braga, tepatnya Jalan Braga Panjang. "Nanti kita persiapkan konsepnya (penataan). Kalau untuk jalannya, nanti hanya akan jadi perlintasan kendaraan saja," ucap Yana.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gusti jadi mengatakan pihaknya akan membahas lebih detail bersama berbagai pihak soal pelarangan parkir di Jalan Braga tersebut. Sehingga, nantinya kebijakan itu akan efektif.

Salah satu yang perlu dibahas adalah di mana titik parkir bagi warga yang ingin jalan-jalan ke kawasan Braga. Perlu dua kali rapat lanjutan untuk memutuskan kebijakan tersebut. "Kalau bisa, Februari-Maret kita bisa laksanakan (pelarangan parkir di Jalan Braga)," ujar Ricky.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler