Perang Bintang di Piala Presiden E-sports 2020

Bandung - TemanBaik, sudah tahu kan di Indonesia ada Piala Presiden E-sports? Tahun ini, penyelenggaraannya menjadi yang kedua kali digelar. Partai Final Nasional bakal digelar di Jakarta pada 1-2 Februari 2020.

Menariknya, partai final nanti bukan hanya mempertandingkan para atlet e-sports nasional. Final akan diikuti atlet e-sports finalis dari berbagai negara di ASEAN. Ini berbeda dibanding pelaksanaan sebelumnya yang hanya mempertandingkan finalis nasional.

Sebelum memasuki babak Final Nasional, para peserta sudah menempuh beberapa tahapan. Yang teranyar, para atlet akan bertarung di final kualifikasi regional. Mereka yang lolos di tahap ini akan bermain di Final Nasional.


Untuk Wilayah Indonesia Barat, final kualifikasi regional digelar di Paskal Shopping Centre Bandung pada 18-19 Januari 2020 ini. Sedangkan untuk Wilayah Indonesia Timur sudah tuntas digelar di Surabaya pada 11-12 Januari lalu.

Dalam partai final regional wilayah barat di Bandung, total ada 204 atlet e-sports yang akan bertanding. Mereka terbagi ke dalam 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain untuk game e-football Pro Evolution Soccer (PES), dan 22 pemain game Mobile Premiere League (MPL).

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden E-sports 2020 Giring Ganesha mengungkap harapan besarnya. Ia optimis para atlet yang nantinya lolos ke Final Nasional akan memberi kemampuan terbaik dan mengharumkan nama Indonesia.

"Kami optimis atlet-atlet e-sports Indonesia akan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk melangkah ke Final Nasional menghadapi atlet-atlet e-sports dari ASEAN," kata Giring dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Di Bandung, atlet dan tim yang bertarung banyak yang berstatus bintang di dunia e-sports. Di game Free Fire misalnya, ada tim raksasa seperti RRQ, NXL, hingga BOSS E-sports. Di kategori game e-football PES, salah satunya ada nama Rizky Faidan. Anak muda ini adalah peraih juara PES League 2019 Asia dan semifinalis Kejuaraan Dunia PES League World Finals di Emirates Stadium, London, Inggris.

Naikkan Level Atlet E-sports Nasional
Piala Presiden E-sports sendiri jadi ajang untuk memajukan dan mengembangkan e-sports agar membawa dampak positif bagi Indonesia dalam berbagai aspek. Tak hanya untuk melahirkan atlet e-sports andal dan mengharumkan nama bangsa, tapi diharapkan kegiatan ini mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata.

Karena itu, slogan #EsportsUntukNegeri pun digaungkan untuk penyelenggaraan Piala Presiden E-sports 2020. "Ini juga yang menjadi visi kami untuk meningkatkan level turnamen Piala Presiden E-sports dari sebelumnya level nasional, menjadi regional Asia Tenggara dengan melibatkan negara-negara tetangga," jelas Giring.

Selain itu, ajang ini juga diharapkan semakin menaikkan level dari para atlet e-sports di Indonesia. Sehingga, akan lebih banyak lahir para atlet yang kelak jadi tumpuan Indonesia untuk menuai prestasi di bidang e-sports.

"Harapannya atlet kita semakin kompetitif sekaligus di saat yang bersamaan bisa memberi dampak secara ekonomi kreatif dan ikut mendorong bertumbuhnya sport tourism," tutur Giring.

Geliat e-sports sendiri belakangan terus meningkat di Indonesia. Sebagai gambaran, pendaftar Piala Presiden E-sports 2020 jumlahnya mencapai 177.098 pemain. Jumlah ini meningkat drastis dibanding pelaksanaan sebelumnya yang hanya ada 15.000 pemain.

Foto: dok. Panitia
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler