Mesin Daur Ulang Ini Mampu Ubah Popok Bekas Jadi Bahan Bangunan

Bandung - Pernah terpikir enggak TemanBaik, kalau popok bayi bekas bisa diubah menjadi bahan bangunan dan minyak bakar? Ternyata bisa loh, solusi daur ulang ini dikenalkan pertama kali oleh Guna Olah Limbah (GOL) lewat mesin hidrotermal.

Ibarat memasak, mesin hidrotermal ini siap meracik tumpukan sampah popok ini lewat cara dipanaskan hingga 200 derajat celsius. Alhasil, semua bakteri yang melekat seketika musnah dan berganti dengan manfaat dan nilai ekonomi.

Tilik hasilnya nih TemanBaik, setelah melewati proses pemanasan berteknologi hidrotermal, si popok bekas ini akan berubah menjadi bahan pokbrick atau batu bata, termasuk minyak bakar sebagai substitusi minyak tanah.

Dengan menggunakan mesin hidrotermal yang ramah lingkungan atau tanpa metode pembakaran, popok bekas tersebut diproses menjadi fiber dan plastik terlebih dahulu. Kemudian, fiber diolah menjadi pokbrick. Sedangkan plastik diolah lagi di mesin pyrolysis menjadi minyak bakar.

"Untuk pertamanya kali di Bandung kami berkolaborasi dengan PT Softex Indonesia, membuat program pionir sustainability. Guna Olah Limbah (GOL) memberikan solusi teknologi pengolahan limbah berbasis riset yang mengubah sampah menjadi manfaat," ujar CEO GOL, Archie Satya Nugroho, Kamis (16/1/2020) di Kota Baru Parahyangan.

Ia mengemukakan, limbah popok bayi bekas ini diolah menggunakan mesin hidrotermal yang ramah lingkungan atau tanpa metode pembakaran. Selanjutnya popok bekas diproses menjadi fiber dan plastik terlebih dulu, lalu plastik diolah kembi menggunakan mesin pyrolisis menjadi minyak bakar.

"Rencananya untuk di Bandung, GOL dan Softex akan berkolaborasi dengan Bank Sampah Bersinar. Kita akan mengumpulkan popok bekas lalu di sana akan disimpan sarana mesin hidrotermal yang siap beroperasi mendaur ulang sampah menjadi bahan pop brick dan substitusi minyak bakar," tambahnya.

Direktur PT Softex Indonesia, Djali Halim menambahkan, program ini punya misi mengurangi limbah popok yang selama ini jumlahnya semakin meningkat. Lewat kegiatan ini juga pihaknya ingin mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan mulai dari langkah terkecil di rumahnya.

”Kami berharap ini menjadi satu langkah yang baik untuk dapat mengurangi sampah, dan semua pihak bisa mendapatkan edukasi penting, gimana sih caranya mengelola sampah dengan baik,” jelas Jali.

Sebagai informasi nih TemanBaik, sementara ini mesin hidrotermal ini akan ditempatkan di komunitas Bank Sampah Bersinar dan ke depannya akan di tempatkan tong sampah khusus untuk limbah popok bekas di beberapa lokasi pusat perbelanjaan seperti di Mal Paris an Java, 23 Paskal Shoping Center serta RSIA Limijati.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler