Catat! Ini Call Center BNPB untuk Pelaporan Bencana

TemanBaik, tahu kan jika potensi bencana meningkat di saat musim hujan seperti ini? Mulai dari banjir, longsor, hingga angin puting beliung. Belum lagi ada ancaman 'rutin' yang bisa terjadi kapan saja, contohnya gempa bumi dan tsunami. Kebakaran juga bisa terjadi kapan pun.

Mungkin kamu bingung jika terjadi bencana di sekitarmu, siapa yang harus dihubungi. Sebab, ada banyak instansi yang bisa kamu hubungi, mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran, kepolisian, serta berbagai instansi resmi lainnya. Ini yang mungkin bikin kamu bingun karena terlalu banyak nomor yang bisa dihubungi.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Strategi Gubernur untuk Dorong Akselerasi Dekranasda Jabar

Tapi, kini pelaporan bencana bisa lebih mudah. Sebab, untuk sementara, kini ada call center Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bisa kamu hubungi. Sehingga, ketika terjadi bencana, dipastikan bakal segera ada penanggulangan di lokasi oleh pihak-pihak terkait. Meski sementara alias tahap uji coba, pelayanan terbaik akan diberikan kok TemanBaik.

"Call center ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat 24 jam, khususnya dalam urusan kebencanaan. Layanan ini dapat diakses masyarakat seluruh Indonesia melalui nomor telepon (021) 51010112," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam rilisnya.

Call center ini memiliki 12 line hunting dengan biaya dibebakan kepada penelepon. Selain untuk melaporkan kejadian bencana, layanan ini bisa untuk mendapatkan informasi ancaman bencana, komunikasi tim lapangan, hingga dukungan bantuan terkait kedaruratan bencana di tiap wilayah.

"Dengan adanya layanan ini, BNPB sekaligus ingin mewujudkan komitmen untuk lebih dekat dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik. Sehingga, penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat, tepat, dan merata," jelas Agus.

Alur Pelaporan
Untuk menggunakan call center tersebut, ada beberapa hal yang perlu TemanBaik ketahui. Sebagai pelapor, kamu wajib menyampaikan identitas dan alamat lengkap di mana serta bencana apa yang terjadi.

"Kemudian pelapor melaporkan segala sesuatu sesuai apa yang menjadi keluhan atau kebutuhan secara singkat, padat, dan jelas," ucap Agus.

Setelah semua informasi tersampaikan, BNPB akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah di mana bencana itu terjadi. Sehingga, penanganan di lapangan akan bisa dilakukan secepatnya.

"Setelah laporan ditangani, maka Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BNPB akan memberikan konfirmasi kepada pelapor (bahwa laporan sudah ditindaklanjuti)," jelas Agus.

Tapi, call center dengan nomor (021) 51010112 ini hanya untuk sementara. Dalam beberapa waktu ke depan, call center ini akan berubah menjadi 112. Sehingga, nomor ini akan lebih diingat publik dan bisa dimanfaatkan.

Foto: dok. BNPB


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler