Berbagi Cinta di Hari Kanker Sedunia

Bandung - TemanBaik tahu enggak jika hari ini, Selasa, 4 Februari 2020, adalah Hari Kanker Sedunia? Peringata Hari Kanker Sedunia ini pun digelar di Kota Bandung oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bersama berbagai organisasi dan komunitas di Bandung. Intip keseruannya yuk!

Kegiatannya ini dibuka di Taman Cikapayang, Kota Bandung. Ribuan perempuan yang jadi peserta aksi dikumpulkan dan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Mereka kemudian menyebar ke berbagai titik di Kota Bandung.

Masing-masing peserta membawa bunga dan selebaran berisi edukasi seputar kanker, mulai dari gejala hingga pencegahan kanker. Mereka kemudian menyebar perempatan Cikapayang dan membagikannya kepada para pengendara. Sedangkan peserta lain menyebar ke berbagai titik lain di Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: Trik Sederhana Bujuk Anak Mau Pakai Masker

Beberapa pengendara ada yang terlihat kaget karena dihampiri para perempuan. Tapi, senyum kemudian merekah di bibir mereka setelah diberi tahu bahwa hari ini adalah Hari Kanker Sedunia. Bahkan, banyak pengendara yang akhirnya mau berfoto bareng sambil tersenyum memperlihatkan bunga.


Yang tak kalah unik, ada jejeran perempuan di pinggir jalan. Masing-masing membawa kertas besar berisi satu huruf. Sehingga, saat mereka semua berjejer terbentuk tulisan 'World Cancer Day'. Ada juga yang membawa beberapa poster, salah satunya bertuliskan 'Berbagi Pesan Cinta Untuk Hidup Lebih Sehat'.

Ketua YKI Kota Bandung Siti Muntamah mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk menggugah kesadaran publik. Bukan hanya untuk mewaspadai kanker, tapi juga lebih peduli pada para pejuang kanker.

"Pesan yang ingin kita sebarluaskan hari ini bahwa sehat adalah aset," ujar Siti.

Pencegahan dini pun jadi cara penting agar tak terjangkit kanker. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan dini hingga menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk mencegah kanker, ada langkah yang disebut 3P. Apa sih 3P in? P pertama adalah pola makan. Pola makan ini disebut dengan B2SA, yaitu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. Cara sederhana menjalankan B2SA ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang terbebas dari pengawet, perasa, dan pewarna.

P kedua adalah pola pikir. Kamu harus memiliki pola pikir positif dan berusaha untuk hidup sehat. P terakhir adalah pola hidup. Kamu harus menjalankan pola hidup yang sehat, salah satnya rutin berolahraga.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler