Ini Alasan Kamu Harus Kuasai Tiga Bahasa

Bandung - Apa bahasa yang TemanBaik kuasai? Bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa asing, atau ketiganya sekaligus? Ternyata ketiga bahasa itu penting banget untuk dikuasai. Simak ulasannya yuk!

Menurut Kepala Balai Bahasa Jawa Barat Umar Solikhan, ada prinsip yang harusnya dimiliki seseorang dalam kemampuan berbahasa. Prinsip itu akan terus disosialisasikan ke publik.

"Misi kami adalah (membuat masyarakat) mengutamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing," kata Umar saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (14/2/2020).



Bahasa Indonesia sendiri harus ditempatkan di posisi teratas dalam penggunaan berbahasa. Sebab, bahasa Indonesia adalah bahasa nasional pemersatu anak bangsa.

Dengan begitu, satu sama lain sesama orang Indonesia bisa berkomunikasi dengan 'nyambung'. Kebayang kan misalnya jika orang Sunda ngobrol dengan orang Batak dengan bahasa daerahnya masing-masing? Pasti tidak akan nyambung.

Lalu, kenapa kita harus bisa berbahasa daerah? Hal ini untuk menjaga pelestarian identitas dan budaya. Sehingga, kelak bahasa dan budaya yang ada tak punah ditelan zaman.

"Di era sekarang, generasi muda supaya tetap cinta terhadap jati diri dan budaya, maka harus melestarikan bahasa daeranya," ungkap Umar.

Jangan gengsi untuk belajar dan menggunakan bahasa daerah. Kan tak lucu jadinya jika kamu berasal dari suatu suku tapi tak bisa menggunakan bahasa daerahnya. Lalu, jika bukan kamu yang mewariskan bahasa daerah pada anak-cucu sendiri, siapa yang akan mewariskan dan kelak melestarikannya?

Sedangkan untuk bahasa asing, kamu jangan anti ya. Sebab, perkembangan zaman saat ini justru secara tak langsung menuntut seseorang menguasai bahasa asing. Maklum, saat ini persaingan terjadi secara global. Bahkan, kemampuan bahasa asing kini dijadikan salah satu acuan bagi bagi perusahaan untuk menerima karyawan.

Tapi, ada untungnya juga jika kamu bisa berbahasa asing sebagai pelengkap kemampuan individu. Kamu bisa bekerja di luar negeri dengan lebih mudah. Hal ini berbeda jika kamu tak menguasai bahasa asing.

Sebagai contoh, di Jepang saat ini butuh ratusan ribu tenaga kerja di berbagai bidang. Syarat utamanya adalah bisa berbahasa Jepang. Soal kemampuan dan latar belakang pendidikan, termasuk pengalaman kerja, itu jadi syarat berikutnya.

Hal ini menandakan bahwa bahasa asing perlu dikuasai. Jadi, bukan sekadar buat gaya semata biar terlihat keren. "Dalam rangka globalisasi dan era kemajuan seperti sekarang, masyarakat kita, terutama generasi muda, harus menguasai bahasa asing," jelas Umar.

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler