RSHS Bandung Akan Punya Gedung Khusus Kanker

Bandung - TemanBaik, khususnya kamu para pejuang kanker, ada kabar baik nih. Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dalam waktu dekat akan memiliki gedung khusus untuk menangani pasien kanker. Gedung ini akan memiliki fasilitas serba lengkap untuk penanganan para pejuang kanker.

Menurut Direktur Medik RSHS Nucki Nusjamsi, RSHS mendapat bantuan dari salah satu lembaga di luar negeri. Bantuan yang ada akan dialokasikan dengan fokus untuk penanganan kanker.

"RSHS dapat bantuan dari luar negeri yang mana cukup besar nilainya dan bantuan itu akan didedikasikan untuk membangun sebuah gedung, beserta isi, layanan, dan sistem pelayanannya khusus untuk pelayanan kanker," kata Nucki.
Selama ini, pasien kanker di RSHS sangat banyak. Sebab, meski berlokasi di Bandung, RSHS adalah rumah sakit rujukan nasional. Sehingga, pasiennya berasal dari berbagai daerah, bukan hanya warga Bandung.

Penanganan pasien kanker sendiri selama ini sudah berjalan. Tapi, mereka tersebar di berbagai ruangan di RSHS sesuai dengan jenis kanker yang diidapnya. "Di sini tersebar (penanganannya), di ruangan rawat inap ada, di ruangan rawat jalan ada," ucapnya.

Idealnya, penanganan pasien kanker harusnya berada di ruangan atau gedung khusus. Hal itu untuk meminimalisir pasien kanker tertular penyakit lain. Sebab, pasien kanker lebih rentan terkena penyakit.

"Penderita kanker kalau belum pada fase penyembuhan, mereka kan daya tahannya turun. Sehinga berisiko kalau bertemu dengan pasien-pasien yang sumber infeksi," jelasnya.

"Sehingga, memang harus ada tempat khusus yang jauh dari sumber-sumber infeksi maupun penyakit yang lain," tutur Nucki.

Dengan ditangani di ruangan atau gedung khusus kanker, risiko tertular penyakit lain dari pasien umum akan bisa diminimalisir. Sehingga, penanganan pasien kanker akan lebih efektif dan efisien.

Nucki sendiri belum memastikan kapan gedung khusus kanker itu akan beroperasi. Tapi, lokasi atau gedungnya sudah ditentukan. RSHS tinggal menunggu keluarnya izin untuk pengoperasiannya.

"Tempatnya, lokasinya sudah ada, rencana gedungnya sudah ada. Sekarang sedang proses di pemerintah pusat mengenai perizinan dan lain sebagainya. Doakan saja (keluar izin secepatnya)," ujar Nucki.

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler