Jangan Buang Bekas Popok Bayi di Taman, Ini Dampaknya!

Bandung - TemanBaik, kamu mungkin senang membawa bayi atau anak kecil bermain ke taman. Sebab, taman bisa jadi alternatif wisata murah meriah tapi menyenangkan. Apalagi, kini banyak taman yang gratis dikunjungi dan punya fasilitas bermain untuk anak.

Salah satu hal yang mungkin luput dari perhatian adalah ketika si kecil yang masih memakai popok buang besar. Atau mungkin kamu harus mengganti popoknya karena sudah penuh dengan urine. Ke mana kamu membuang popok bekas pakai si kecil?

Mungkin mayoritas akan menjawab tempat sampah. Iya, popok bekas memang sampah dan sampah sudah seharusnya dibuang ke tempat sampah. Tapi, hal ini harusnya dihindari. Popok bekas harusnya dibuang ke tempat khusus. Jika di taman tak ada tempat sampah khusus untuk popok bekas, sebaiknya hindari membuang sampah di tempat sampah taman ya.

"Sebetulnya kotoran itu enggak bisa dibuang ke tempat sampah biasa," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Pertamanan DPKP3 Kota Bandung Yuli Ekadianty saat ditemui di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (20/2/2020).


                                                                        Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Baca Ini Juga Yuk: Ini Tiga Hal yang Harus Dihindari Saat Hujan

Kenapa sih sampah popok bayi bekas enggak boleh dibuang ke tempat sampah di taman? Namanya juga kotoran, tentu akan menimbulkan bau tak sedap. Apalagi jika sampah di taman baru diangkut beberapa hari kemudian.

Kondisi akan lebih buruk jika plastik yang dipakai membungkus tidak diikat dengan rapat. Apalagi jika popok bayi bekas itu sama sekali tak dibungkus alias langsung dibuang begitu saja ke tempat sampah.

Terbayang kan lalat atau belatung akan banyak di tempat sampah. Belum lagi ada risiko berbagai penyakit yang bersumber dari popok bayi bekas itu.

Karena itu, Yanti, sapaan akrabnya, menyarankan orang tua lebih bijak. Intinya, jangan membuang sampah berupa popok bayi bekas di tempat sampah taman.

"Kalau orang tuanya memahami tentang kebersihan dan estetika, sebaiknya sampahnya dibawa pulang dan dibuang di rumah," jelas Yanti.

TemanBaik, terutama kamu yang memiliki bayi atau anak yang masih memakai popok, ikuti imbauan di atas. Sebab, taman adalah fasilitas publik. Sehingga, kamu harus turut menjaga kebersihan di sana agar membuat warga lain yang datang ke lokasi merasa nyaman.

Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler