Maggot, Tren Baru Atasi Sampah di Bandung

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika maggot alias belatung bisa dipakai untuk mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah organik? Di Kota Bandung, penggunaan belatung ini jadi tren baru loh, terutama dalam setahun terakhir.

Tapi, belatung yang dipakai bukan sembarang belatung, melainkan belatung dari lalat tentara hitam atau black soldier fly. Belatung ini sangat rakus. Sehinga, sampah organik seperti sisa makanan atau dedaunan akan dilahap habis. Bahkan, dalam sehari, sampah organik yang dihabiskan bisa mencapai puluhan kilogram.

"Banyak sekarang yang menggunakan belatung untuk mengatasi masalah sampah. Ada yang kelompok, ada juga yang pribadi," kata Kabid Kebersihan DLHK Kota Bandung Sofyan Hernadi.


Ke depan, penggunaan belatung diharapkan semakin maksimal. Bahkan, semakin banyak warga dan kelompok yang menggunakannya di berbagai wilayah di Kota Bandung. Dampak besarnya, diharapkan sampah organik se-Kota Bandung akan berkurang drastis.
Sementara selain bisa menghabiskan sampah, maggotnya sendiri punya manfaat lain. Setelah berusia beberapa hari, maggot bisa dijadikan pakan untuk hewan ternak, misalnya ikan atau ayam.

"Kotoran belatungnya juga kalau sudah kering bisa jadi pupuk. Bahkan, ada yang lindi belatungnya dipakai untuk menyiram rumput dan rumput yang dihasilkan jadi pakan sapi berkualitas Eropa," jelas Sofyan.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler