Bangga! Siswa MAN 2 Ponorogo Juara Jujitsu di Malaysia

Jakarta - Indonesia tak pernah berhenti memiliki orang-orang yang pantas dibanggakan. Kali ini, sosok membanggakan itu adalah Deva Bagus Setyo Wicaksono. Siswa kelas XI MIPA 6 MAN Ponorogo ini menjadi juara di ajang Kuala Lumpur International Jujitsu Championship yang digelar di Malaysia baru-baru ini.

Deva sendiri tidak menyangka akan bisa meraih prestasi manis di kejuaraan internasional. Ia sama sekali belum pernah terpikir bahwa perjalanannya menggeluti olahraga jujitsu akan sejauh itu.

"Bendera Indonesia bisa berkibar paling tinggi di samping bendera negara lain itu adalah hadiah terindah yang ingin saya berikan pada ibu," kata Deva di laman resmi Kementerian Agama.

Meski tak menyangka akan jadi juara, Deva yang merupakan Duta Pemuda Ponorogo melakukan persiapan secara maksimal. Selama tiga bulan ia menempa latihan keras. Selain berlatih teknik, ia harus mengurangi porsi makan nasi. Untuk berlatih, ia bahkan harus bolak-balik Ponorogo-Subaraya. Tentu bukan hal mudah untuk dijalani.

Buah dari kerja kerasnya pun terjawab tuntas. Gelar juara memberinya kepuasan tersendiri. Apalagi, tak hanya gelar juara yang diraihnya. "Selain menggondol emas, saya juga mendapatkan penghargaan submission kuncian tercepat," jelas Deva.

Selama rangkaian kejuaraan, Deva menghadapi tantangan besar. Salah satunya, lawan-lawan yang dihadapi jauh lebih berpengalaman dan memiliki usia cukup matang.

"Saya adalah peserta paling muda. Rata-rata lawan usianya 20 tahun ke atas dan memiliki daya fisik yang lebih kuat karena mereka hidup di lingkungan petarung, seperti dari Uzbekistan, Kamboja, Malaysia, dan Singapura," tutur anak dari pasangan Nanik Suprihatin dan Ahmad Fadlil ini.

Sementara selain Deva, beberapa waktu lalu ada juga siswa MAN 2 Ponorogo yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sosok itu adalah Aufa Hana, siswa kelas akselerasi MAN 2 Ponorogo. Ia meraih peringkat kedua World Invention Competition and Exhibition di Malaysia.

Foto: dokumentasi MAN 2 Ponorogo (kemenag.go.id)



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler