Alasan Jangan Panik Borong Masker Saat Ada Positif Corona

Bandung - TemanBaik, sudah tahu belum jika saat ini ada dua pasien asal Depok yang dinyatakan positif terjangkit virus corona alias COVID-19? Saat ini, pasien itu sedang ditangani secara intensif di rumah sakit.

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran di sebagian masyarakat. Apalagi, selain dua kasus positif itu, ada beberapa warga yang masuk dalam kategori pemantauan oleh instansi kesehatan.

Hal yang menjadi masalah, ada warga yang panik. Salah satunya memilih menggunakan masker dalam kesehariannya karena khawatir tertular virus corona. Bahkan, banyak yang memborong masker. Akibatnya, banyak tempat penjualan masker yang kehabisan stok.

"Saat ini memang masyarakat lebih gencar, lebih khawatir, sehingga ada yang memborong masker," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (3/3/2020).

Padahal, penggunaan masker sebenarnya hanya dikhususkan untuk mencegah penularan penyakit dari orang yang sakit. Hal ini yang justru tak disadari. Memang baik untuk melakukan pencegahan atau antisipasi, tapi masker bukan hal wajib untuk orang sehat.

"Edukasi ini penting untuk disampaikan. Masker itu hanya diperuntukkan dipakai orang yang sakit saluran pernapasan atas, seperti batuk, pilek, atau apapun yang berkaitan dengan saluran napas," ujar Rosye.

Selain orang sakit, ada beberapa orang lain yang disarankan menggunakan masker, yaitu tenaga medis dan orang yang merawat orang sakit. Jadi, kalau kamu sehat, penggunaan masker sebenarnya tidak diwajibkan.

"Masyarakat umum tidak dianjurkan menggunakan masker kalau sehat. Jadi, masyarakat tidak perlu panik, apalagi memborong masker," ungkap Rosye.


                                                                                       Foto: Ilustrasi Agam/beritabaik.id

Jangan Lupakan Ini
Saat ini, masker dianggap solusi tepat untuk menghindari penularan penyakit. Tapi, TemanBaik harus sadar, mencegah penularan penyakit enggak cukup hanya dengan masker. Apa saja ya yang harus dilakukan?

Pertama, tentu adalah melakukan gaya hidup bersih dan sehat. Berikutnya, kamu juga harus melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan. Asupan gizi dan nutrisi juga harus diperhatikan.

Kemudian yang juga tak kalah penting adalah mencuci tangan dengan baik dan benar, termasuk menggunakan sabun dan air mengalir. Sebab, tangan bisa jadi sarana penularan penyakit yang cukup besar potensinya.

"Apakah bapak-ibu yakin misalnya bersalaman dengan orang lain yang sedang sakit atau tidak?" ucap Rosye.

Selain dari tangan ke tangan, ada bibit penyakit yang bisa saja menempel dari berbagai benda yang kamu sentuh. Belum lagi ada potensi penyebaran penyakit lewat udara. Jadi, kuncinya berusaha hidup sehat deh.

Sebab, daya tahan tubuh yang prima bisa meminimalisir penularan penyakit. Sebaliknya, jika kondisi tubuh kamu lemah, potensi terjangkit penyakit akan semakin besar.

"Prinsip dasarnya, ketika virus apapun itu masuk, kalau daya tahan tubuh bagus, virus itu tidak akan berkembang," tutur Rosye.

 Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler