Trik Museum Gedung Sate Antisipasi Virus Corona

Bandung - TemanBaik, jika kamu berkunjung ke Gedung Sate di Kota Bandung, terutama ke Museum Gedung Sate, jangan heran ya jika kamu diperiksa petugas. Suhu tubuhmu akan dicek menggunakan thermal scanner untuk mengukur suhu tubuh.

Selain itu, kamu juga akan diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Tapi, hand sanitizer-nya sendiri sudah disediakan kok di lokasi. Jadi, enggak perlu repot-repot bawa sendiri dari rumah. Mereka yang batuk dan pilek pun diharuskan menggunakan masker.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi menyikapi sedang hangatnya isu tentang virus corona alias COVID-19. Apalagi, saat ini ada dua pasien asal Depok yang positif terjangkit virus tersebut.

Dengan adanya langkah antisipatif tersebut, Museum Gedung Sate tetap bisa dikunjungi. Bahkan, wisatawan asing juga tetap diperbolehkan datang. Langkah yang dilakukan pun diharapkan membuat pengunjung tenang dan tak khawatir berlebihan akan tertular virus corona dari pengunjung lain.

"Setelah kami berkoordinasi kemarin dengan berbagai pihak, Museum Gedung Sate tetap beroperasi dan dibuka untuk umum," kata Kabiro Umum Setda Provinsi Jawa Barat Iip Hidayat, Rabu (4/3/2020).



Dengan begitu, dipastikan hanya yang sehat saja yang bisa masuk ke Museum Gedung Sate setelah melalui pengecekan. Kalaupun ada yang sakit, mereka tetap diperbolehkan masuk selama tidak terdeteksi mengalami gejala mengkhawatirkan dan membahayakan, yang jelas, orang  bersuhu tubuh di atas 37,2 derajat celsius dilarang masuk.

"Yang sehat juga ada SOP-nya, harus cuci tangan dan dideteksi suhu tubuhnya," jelas Iip.

Museum Gedung Sate sendiri adalah tempat yang bisa dikunjungi siapapun. Bahkan, banyak wisatawan asing yang datang untuk melihat secara langsung berbagai informasi soal bangunan bersejarah tersebut yang dirangkum di museum. Wisatawan lokal pun tak kalah banyak.

"Setiap selasa sampai minggu, kunjungan ke sini bisa mencapai 2.000 orang. Makanya langkah antisipatif harus kita lakukan," tutur Iip.

Ia pun mengingatkan agar pengunjung memperhatikan etika bersin dan batuk. Mereka wajib menutup mulut dengan tisu yang disediakan. Ini jadi standar wajib yang harus dilakukan pengunjung.

"Jika ada pengunjung yang berperilaku tidak sesuai SOP, petugas kami berhak menegur," ucap Iip.

TemanBaik, jika kamu ingin berkunjung ke Museum Gedung Sate, tetap datang saja seperti biasa ya. Jangan khawatir berlebihan ya.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler