Ini Hal Penting dalam Manajemen Keuangan Saat Berbisnis

Bandung - Berbagai peluang dari kreativitas yang tumbuh di Kota Bandung. Di antara kreativitas-kreativitas tersebut tak sedikit yang pada akhirnya menjadi sebuah produk bisnis, setidaknya di level Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun, yang menjadi pekerjaan rumah tiap pelaku bisnis mikro adalah manajemen keuangan. Pasalnya, tak sedikit usaha kecil menengah yang gulung tikar sebab belum berhasil dalam mengelola keuangan.

Memangnya, seberapa penting sih manajemen keuangan dalam bisnis? Kepada Beritabaik.id, CEO dan Co-Founder halofina Adjie Wicaksana menyebutkan ada dua poin yang akan terasa dalam waktu dekat jika kamu menerapkan manajemen keuangan yang baik dalam bisnismu.

Pertama, Adjie menyebutkan manajemen keuangan yang baik akan meningkatkan peluang profit usahamu. Singkatnya, dengan pengelolaan keuangan yang baik, peluang untuk berkembangnya bisnismu akan lebih terbuka. “Kita jadi tahu kondisi bisnis kita seperti apa, terus apa sih yang mau kita lakukan? Kita bisa lihat nih, ke depannya sumber dana yang sekiranya bisa didapat untuk pengembangan bisnis itu dari mana saja,” ujar Adjie.

Selain berbicara profit, Adjie juga menyebutkan manajemen keuangan yang baik akan menghindarkan bisnismu dari risiko negatif dampak gejolak ekonomi skala kecil sampai besar yang bisa saja mengguncang usahamu di kemudian hari. Lebih jauh lagi, Adjie menyebutkan ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan bisnismu agar lebih maksimal.

Pisahkan Rekening Pribadi dan Perusahaan

Pemisahan rekening pribadi dan perusahaan adalah hal yang berulang kali ditekankan oleh Adjie. Pasalnya, ia terkadang menemukan beberapa pengusaha kecil yang mencampur rekening pribadi dan rekening perusahaannya. Menurut Adjie, selain risikonya akan ditemui saat usaha orang tersebut sudah menjadi besar kelak, risiko jangka pendek yang didapat pebisnis tersebut jika ia mencampur rekening pribadi dan perusahaan adalah si pebisnis tak akan tahu bagaimana kondisi keuangan di perusahaannya.

Maka dengan pemisahan uang tersebut, seorang pebisnis bisa memantau perkembangan keuangan dalam usaha yang ia jalani. Adjie juga menyarankan rekening terpisah ini juga dibuat dengan entitas terpisah.

Melakukan Pencatatan

Pencatatan dilakukan setelah pemisahan rekening di poin sebelumnya terlebih dahulu diterapkan. Pasalnya, yang menjadi catatan kita adalah perkembangan dari performa keuangan di rekening. Adjie merekomendasikan pencatatan keuangan ini bisa menggunakan bantuan aplikasi, jika kamu memerlukan bantuan untuk mencatat dengan detail dan merasa tak punya kemampuan untuk mencatat secara detail.

Terus Belajar

Kendati terdengar klise, namun Adjie berpandangan hal sederhana ini kerap terlewatkan oleh pelaku bisnis. Padahal, ada banyak hal yang bisa kita perbaiki dari proses belajar tersebut. Sampai saat ini, Adjie mengaku masih yakin bahwa pengusaha adalah profesi yang mengharuskan seseorang untuk belajar terus menerus, melakukan evaluasi, dan berinovasi jika tak ingin terlindas zaman.

“Saat kita berpikir manajemen keuangan itu penting, sebetulnya yang paling utama kita lakukan adalah belajar. Enggak harus ambil kursus, dengan kita aktif di beberapa forum diskusi, nanya fenomena apa sih yang terjadi hari ini, itu juga bagian dari belajar,” bebernya.

Hadirnya forum diskusi mengenai seluk-beluk dunia bisnis, khususnya yang membahas perihal manajemen keuangan dirasa oleh Adjie sebagai sesuatu yang perlu dilakukan secara masif. Pasalnya, masih ada sebagian pengusaha yang belum belajar secara terstruktur mengenai sub-sub bagian dalam roda bisnis yang ia jalankan. Aktivasi forum diskusi dianggapnya jadi tempat belajar yang paling mudah diakses selain melalui internet. Selain itu, forum diskusi juga bisa mempersatukan ragam pelaku bisnis dari berbagai latar belakang.

Sebagai pamungkas, Adjie berharap hadirnya usaha dengan skala kecil hingga menengah pada akhirnya dapat memajukan perekonomian di Indonesia. Mengenai hal itu, ia berkaca pada andil ekonomi kecil dan menengah yang banyak mendorong perekonomian makro di Indonesia. Selain itu, kemampuan usaha kecil menengah ini dalam menyerap tenaga kerja diharapkan Adjie agar mampu menjawab tantangan perihal ketersediaan lapangan kerja di Indonesia.

TemanBaik, kalau menurutmu, manajemen keuangan itu se-penting apa sih? Lalu, bagaimana kamu mengatur keuangan dalam bisnis yang kamu jalankan saat ini?

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler