Bijak Pakai Hand Sanitizer, Utamakan Cuci Tangan Yuk!

Bandung - TemanBaik, publik kini seolah mendadak disadarkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, termasuk kebersihan lingkungan. Salah satunya terlihat dari susahnya mencari hand sanitizer.

Tapi, kamu tahu enggak sih, sebenarnya hand sanitizer itu hanya sebagai alternatif alias pengganti saja jika cuci tangan pakai sabun enggak bisa dilakukan? Yang harus diutamakan justru mencuci tangan pakai sabun, bukan hand sanitizer.

"Ketika sarana untuk mencuci tangan yang baik dan benar itu enggak ada, hand sanitizer itu alternatif saja," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Bandung Widyaastuti kepada BeritaBaik.id.

Jika kamu mencuci tangan pakai sabun, usahakan pakai air yang mengalir ya. Jika tidak ada air mengalir, kamu bisa menyiramkan air menggunakan gayung atau benda lainnya. Prinsipnya, posisikan air itu mengalir ya meski menggunakan media benda lain.

"Jangan lupa, cuci tangan pakai sabun itu harus dengan air mengalir minimal selama 20 detik. Itu cuci tangan yang baik dan benar," jelas Widya, sapaan akrabnya.

Baca Ini Juga Yuk: Tak Terpengaruh Corona, Petugas Pemadam Tetap Siap Bertaruh Nyawa

Sementara untuk penggunaan hand sanitizer, ia menyarankan jika memang kondisinya tak memungkinkan mencuci tangan pakai sabun, misalnya di mobil atau tempat lain. Jika masih bisa menemukan tempat untuk mencuci tangan dan ada sabunnya, sebaiknya maksimalkan itu.

Jika kamu punya hand sanitizer, lumayan kan bisa ngirit. Jadi, kalaupun punya hand sanitizer, kamu juga harus menggunakannya secara bijak. Kamu juga bisa menghindari memborong hand sanitizer karena orang lain saat ini juga membutuhkannya.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan hand sanitizer, kamu juga harus paham ya. Jangan asal-asalan pakai sehingga akan menjadi boros dalam penggunaannya.

Prinsipnya, gunakan hand sanitizer jika seperti kamu mencuci tangan dengan sabun dan air, yang penting, seluruh bagian tangan kamu, baik bagian telapak dan punggung tangan, termasuk sela-sela jari, terbasahi oleh hand sanitizer. Usapkan ke seluruh bagian tanganmu minimal 30 detik hingga tanganmu kering.

Lalu, seberapa banyak sih hand sanitizer yang diperlukan saat dipakai? Cukup hanya seukuran lebar uang koin. Jumlah segitu sudah cukup kok. Jadi, enggak usah banyak-banyak ya TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler