Hebatnya Pejuang Jalanan yang Bertugas di Tengah Isu Corona

Bandung - TemanBaik, kamu pasti tahu kan jika di saat pandemi virus corona atau COVID-19 saat ini, tim medis dan pekerja di bidang kesehatan, khususnya di rumah sakit, mendapat begitu besar apresiasi dari publik. Sebab, mereka bekerja begitu keras. Bahkan, mereka berpotensi terpapar virus corona dalam bertugas karena jadi garda terdepan penanganan pasien.

Tapi, di luar mereka, ada para pejuang lain yang enggak kalah hebat. Banyak pejuang yang tetap bekerja untuk kepentingan publik. Siapa saja mereka? BeritaBaik.id menemui beberapa pejuang hebat tersebut di kawasan Alun-alun Bandung pada Senin (23/3/2020) pagi. Simak ceritanya yuk!

1. Sopir Bus Damri
Meski saat ini publik mengurangi aktivitas di luar rumah, bus Damri tetap beroperasi seperti biasa. Bedanya, jumlah bus yang beredar di jalanan dikurangi karena jumlah penumpang yang menurun drastis.

Hal yang jadi sorotan tentu sopir bus Damri. Salah seorang sopir itu bernama Irwan Rinandi (26). Ia sudah hampir 5 tahun menjadi sopir bus Damri jurusan Kotabaru-Alun-alun Bandung.

"Kekhawatiran mah tetap ada di tengah isu corona. Tapi ikhtiar harus tetap jalan, tugas harus tetap jalan," kata Irwan.

Dalam bertugas, Irwan tidak memakai masker meski potensi tertular cukup besar. Sebab, ia mengaku paham masker hanya direkomendasikan untuk orang yang sedang sakit. Di sisi lain, ia khawatir penggunaan masker saat bertugas justru membuat penumpang khawatir.

"Nanti kalau pakai masker disangka sakit sama penumpang," ucapnya.

Dengan begitu, ia berharap penumpang memiliki rasa tenang. Sebab, tanpa menggunakan masker, penumpang bisa mengasumsikan bahwa Irwan dalam kondisi sehat. Kalaupun sakit, Irwan sendiri tidak akan bertugas.

Meski begitu, berbagai langkah antisipatif dilakukan Irwan, satunya dengan rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Ia bahkan membekali diri dengan tisu basah dan hand sanitizer.

Sementara di rumah, ia juga menjaga kebersihan. Apalagi, sang istri juga selalu mengingatkannya. Cara itu diharapkan jadi cara efektif mencegah penularan dan penyebaran virus corona.


2. Petugas Kebersihan Taman
Dua sosok petugas kebersihan taman yang BeritaBaik.id temui bernama Yuni (23) dan Friska (29). Keduanya terlihat sibuk membersihkan area taman di sekitaran Alun-alun Bandung. Bermodalkan 'senjata' berupa sapu dan plastik sampah, keduanya bertugas seperti biasa seolah tanpa rasa takut.

Tapi, dalam hati mereka, rasa khawatir itu tetap ada. Wajar, namanya juga manusia. Apalagi, publik kini terus dibombardir seputar kasus virus corona yang bertambah semakin banyak.

"Ya, khawatir juga, takut kena. Tapi kita harus tetap bertugas seperti biasa," ujar Yuni.

Sebagai langkah antisipasi, ia kini memakai masker saat bertugas. Selain itu, rajin mencuci tangan jadi hal yang dikedepankan, termasuk menjaga kebersihan secara umum.

Sementara rekannya, Friska, mengimbau masyarakat untuk berpikir dua kali jika ingin pergi ke luar rumah. Pikirkan matang-matang konsekuensinya.

"Kalau enggak penting-penting amat, mending di rumah aja. Jangan menganggap enteng virus ini. Bantu kami dengan cara enggak keluar rumah. Kalau kami mah tetap bertugas," tutur Friska.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Aplikasi dan Jasa Belanja Sayur Biar Kamu Tetap #DiRumahAJa

3. Satpol PP
Satpol PP juga termasuk yang harus bertugas di tengah isu corona. Sama, mereka juga khawatir terpapar virus corona. Tapi, hal itu tak menyurutkan semangat mereka menjalankan tugas.

Petugas Satpol PP sendiri disebar ke berbagai titik, mulai dari menjaga ruang publik yang kini ditutup, patroli untuk menyisir tempat berisi kerumunan orang, hingga berkeliling untuk mengedukasi warga seputar virus corona.

Sebagai antisipasi, petugas memakai masker yang disediakan internal. Tapi, karena jumlahnya terbatas, enggak semua kebagian masker.

"Di kita cukup banyak orangnya, hampir 400 orang yang sekarang bertugas. Kita juga rentan terpapar. Tapi, untuk sementara kita pengadaan masker dari internal, nanti kita minta bantuan ke Dinkes atau instansi terkait lainnya," jelas Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian.

Selain itu, ada antisipasi lain yang dilakukan. Setiap pagi sebelum bertugas, anggota Satpol PP akan melakukan olahraga wajib. Mereka juga diingatkan untuk menjaga kebersihan serta pola hidup bersih dan sehat.

"Merka juga kita kasih semangat meski khawatir dalam bertugas. Saat orang lain di rumah, mereka harus tetap bertugas. Tapi, mereka kini harus lebih waspada dari hari biasanya," jelas Rasdian.

Sementara di luar petugas-petugas itu, ada banyak sosok lain yang masih berjuang di luar rumah. Mulai dari polisi, TNI, penyapu jalanan, petugas Dinas Perhubungan, termasuk wartawan. Doakan semua yang terpaksa beraktivitas di luar rumah tetap sehat ya TemanBaik!

Di luar mereka, jika bisa bekerja di rumah, sebaiknya bekerja di rumah saja sesuai imbauan dari pemerintah. Jika harus ke luar rumah, usahakan proteksi diri sebaik mungkin hingga hindari kerumunan massa, jaga jarak dengan orang lain, serta yang enggak kalah penting jalankan pola hidup bersih dan sehat ya.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler