Mengenang Ibu Jokowi dan Kebaikan yang Ditanamkannya

TemanBaik, kabar duka datang bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tentunya jadi kabar duka bagi Indonesia. Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Beliau adalah ibu dari Jokowi.

"Yang kami tahu bahwa ibu ini sudah 4 tahun menderita sakit," ujar Jokowi dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Jenazah almarhumah rencananya akan dimakamkan pada Kamis (26/3/2020) siang ini di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar. Jokowi pun meminta doa dari masyarakat Indonesia untuk sang ibu.

"Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan husnulkhatimah," pinta Jokowi.

Ucapan duka cita pun datang dari berbagai pihak. Salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia pun berpesan agar tidak terjadi kumpulan massa yang ingin menyaksikan prosesi pemakaman Sudjiatmi.

"Agar tidak terjadi kerumunan, keluarga akan sangat bahagia dan menghormati jika warga masyarakat semua bisa mendoakan dari rumah," ucap Ganjar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengungkap duka citanya. Ia pun mendoakan yang terbaik, termasuk berharap Jokowi diberikan kekuatan di tengah kondisi Indonesia yang sedang berperang melawan virus corona.



"Kepada Pak Presiden dan keluarga, kami doakan semoga diberi keluasan, kesabaran, ketabahan, dan kekuatan dalam menghadapi berita duka ini, juga dalam situasi negara dan bangsa yang sangat berduka dengan situasi hari ini," tutur Emil, sapaan akrabnya.

Kapten tim Persib Bandung Supardi Nasir juga ikut menyampaikan bela sungkawa. Doa terbaik pun diungkapkan. "Saya Supardi Nasir berdukacita atas meninggalnya orang tua kita Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Semoga ibunda diterima di sisi Allah Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk:
Bahagia & Berpikir Positif Kunci Menangkal Virus Corona


Kebaikan yang Akan Diingat Jokowi
Sebagai seorang anak, Jokowi pasti terpukul setelah kehilangan sang ibu. Tapi, orang nomor satu di Indonesia ini pasti akan mengenang dan mengingat berbagai kebaikan yang diberikan sang ibu.

Surakarta - Sudjiatmi jelas jadi sosok penting di balik kehidupan Jokowi sejak kecil hingga kini. Yang paling menarik tentu bagaimana kehidupan Jokowi saat kecil. Salah satunya adalah sering menyanyikan lagu 'Tak Lelo Lelo Tedung' bagi Jokowi.

"Sampai 2 tahun, waktu itu masih kecil, sampai punya adik. Biasanya 15 menit (menyanyikannya)," ujar Sudjiatmi sekitar setahun lalu.

Dalam kesehariannya mendidik Jokowi, ia jua selalu menanamkan nilai-nilai positif. Ia selalu menggunakan kata-kata halus dan manis. Sehingga, nasihat yang diberikan tertanam dalam benak anak-anaknya.

"Sudah mengajarkan dari dulu itu, anak-anak saya sudah saya pesan dari kecil 'besok kamu mau jadi apa saja boleh, terserah pilihanmu. Tapi, pesan ibu harus jujur ya'," tutur Sudjiatmi.

Ia juga selalu menanampan pesan untuk bekerja keras, tulus, dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Sehingga, kehidupan yang dijalani akan menjadi indah.

"Nanti di mana-mana kamu pasti enak hidupnya, tidak ada beban, tidak ada apa-apa. Harus diingat terus ya sampai tua," ungkap Sudjiatmi menirukan pesan pada anak-anaknya.
TemanBaik, doakan agar almarhumah Sudjiatmi diampuni segala dosanya ya. Semoga amal ibadah dan kebaikan selama hidupnya juga mendapat ganjaran indah. Doakan juga Jokowi dan semua keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan, dan kesabaran.

Foto: dok. Biro Pers Setpres
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler