Ini Pahlawan yang Jarang Disadari di Tengah Pandemi Corona

TemanBaik, di antara yang memiliki kesempatan bekerja dari rumah, masih ada banyak orang yang harus bekerja seperti biasa. Salah satunya adalah petugas kebersihan. Di berbagai daerah, mereka tetap bertugas meski harus dihadapkan pada kekhawatiran di tengah pandemi virus corona alias COVID-19.

Di Kota Bandung misalnya, total ada 1.153 orang yang bekerja sebagai petugas kebersihan. Mereka mulai dari penyapu jalan, pengangkut sampah, kru, sopir mobil sampah, serta berbagai peran lain yang masih berhubungan dengan persampahan.

"Kita tetap kerja normal seperti biasa. Jadi, selain petugas kesehatan, kami termasuk tim yang tetap bekerja di fase (pandemi corona) ini. Kan enggak mungkin (pengangkutan) sampah disetop. Sehari juga jadi masalah," kata Pjs. Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari kepada BeritaBaik.id.

Selain karena tugas, para petugas di bidang kebersihan ini menjalankan kewajiban demi membuat warga merasa nyaman. Bayangkan jika sampah tak diangkut, sehari saja sampah akan menimbulkan bau, terutama di tempat pembuangan sampah.

Tapi, upaya perlindungan tetap diberikan kepada para petugas kebersihan ini. Sejak pekan lalu, mereka dibekali alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan. Selain itu, mereka juga diberikan hand sanitizer dan vitamin untuk dikonsumsi selama dua pekan.

Dengan cara ini, petugas kebersihan yang rentan terjangkit penyakit, termasuk virus corona, diharapkan bisa diminimalisir. Tambahan vitamin pun sengaja diberikan agar kondisi fisik dan daya tahan tubuh mereka fit untuk menangkal penyakit.

Tanpa banyak disadari publik, para petugas ini juga pahlawan, terutama di bidang kebersihan. Saat orang lain lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, petugas kebersihan justru tetap berkeliaran di tempat umum dan menantang risiko.

Menurun Gun Gun, tak ada perubahan jam kerja bagi petugas kebersihan di tengah pandemi corona. Tapi, memang ada fleksibilitas waktu. Mereka bisa pulang lebih cepat.

Sebab, saat ini produksi sampah di Kota Bandung mengalami penurunan, terutama di pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran, termasuk di jalanan dan fasilitas publik. Sehingga, pekerjaan petugas bisa selesai lebih cepat dari biasanya.

"Jam kerjanya sekarang lebih fleksibel. Maksudnya begini, kalau sudah bersih, meskipun jam kerjanya belum selesai, boleh pulang. Kan seperti volume sampah terutama di jalan berkurang kan bebannya," tutur Gun Gun.

Nah, untuk meringankan beban para petugas di bidang kebersihan ini, sebaiknya kamu juga bersikap bijak ya TemanBaik. Kurangi deh volume atau produksi sampah. Kelola sampah dengan bijak ya. Sehingga, para petugas kebersihan akan berkurang beban kerjanya karena mengurusi sampah kamu.

Foto: Petugas Kebersihan/dok.Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler