Pesan Berantai Angin Bawa Wabah ke Indonesia, Jangan Percaya Ya!

Jakarta - TemanBaik, sejak Kamis (9/4/2020) hingga Jumat (10/4/2020) ini beredar pesan berantai, terutama melalui grup di aplikasi percakapan Whatsapp. Isinya mengingatkan agar semua orang tetap ada di rumah. Sebab, akan ada angin yang membawa wabah ke Indonesia.

"Kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 april,  URGENT : Sbg informasi dari Bpk Dir-1... Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh...utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..

Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..

Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini... Terimakasih..." demikian isi pesan berantai tersebut.

TemanBaik ada yang menerima pesan itu? Jika iya, abaikan saja ya. Pesan itu hanya hoaks alias informasi bohong. Jika belum menerima pesan itu, setidaknya kamu kini bisa tahu bahwa pesan tersebut tak bisa dipercaya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memberi penjelasan untuk menanggapi pesan berantai meresahkan itu. Simak penjelasannya yuk!

"Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoaks serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Berdaya di Tengah Pandemi, Omah Difabel Malang Ikut Produksi APD

Soal kondisi cuaca di Indonesia, Herizal mengatakan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga, sirkulasi angin dari utara atau dari Benua Asia tidak lagi mendominasi. Bahkan, di beberapa wilayan bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan atau dari Benua Australia.

TemanBaik, pesan berantai itu memang hanya hoaks dan sudah dijawab oleh BMKG. Tapi, ada hikmah positifnya kok. Setidaknya, pesan itu mengingatkan kita semua untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Lebih baik jalankan gerakan #DiRumahAja demi menghindari potensi terjangkit virus corona.

Pesan berantai dan penjelasan BMKG ini juga mengingatkan agar kamu enggak mudah percaya dengan informasi tak jelas. Pastikan informasi yang kamu dapat berasal dari sumber resmi, misalnya website atau laman resmi milik instansi pemerintah atau media massa yang dapat di konfirmasi kebenarannya.

Jika mendapatkan informasi melalui pesan berantai atau di media sosial, jangan langsung percaya. Kalaupun informasinya mencatut nama seorang tokoh atau pejabat suatu instansi, jangan ditelan mentah-mentah ya.

Foto: Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal / dok. BMKG

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler