Semangat Berbagi Teman Netra di Tengah Wabah Corona

Bandung - TemanBaik, saat ini kepedulian sosial tergolong tinggi di Indonesia. Banyak orang yang bahu-membahu saling membantu satu sama lain. Tujuannya untuk membantu meringankan beban mereka yang terdampak pandemi virus corona atau COVID-19. Ada yang membagikan masker, hand sanitizer, sembako, hingga berbagi makanan kepada sopir ojek online.

Aksi baik ini salah satunya dilakukan komunitas pebisnis tunanetra Enterpreneur Disabilitas Netra (EDN). Komunitas yang terbentuk di Bandung ini melakukan pembagian sembako kepada rekan sesama tunanetra alias teman netra.

Sebab, saat ini dampak pandemi virus corona juga dirasakan teman netra, salah satunya yang berprofesi sebagai terapis atau tukang pijat. Banyak yang akhirnya kehilangan pendapatan karena orang-orang kini lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Mereka yang berprofesi di luar tukang pijat pun turut terkena dampak dan kehilangan pendapatan.

"Kita dari komunitas EDN mengadakan pemberian paket sembako untuk teman-teman tunanetra yang terkena dampak COVID-19 ini. Yang mendapatkan bantuan ini mereka yang sangat membutuhkan, terutama yang sudah berhenti bekerja," kata pengurus EDN Fani Dwi Putri kepada BeritaBaik.id, Sabtu (11/4/2020).

Paket sembakonya sendiri terdiri dari beras, minyak goreng, mi instan, kecap, saus, gula pasir, hingga penyedap rasa. Bantuan yang ada diharapkan meringankan beban tunanetra yang terdampak pandemi virus corona.

Untuk pendistribusiannya, EDN mengandalkan pengiriman dengan menggunakan jasa ojek online. Sehingga, anggota EDN tetap bisa menjalankan social distancing atau pembatasan aktivitas sosial. Dengan tetap berada di rumah, bantuan paket sembako tetap akan sampai tepat sasaran. Kegiatan berbagai ini pun seolah menjadi bukti bahwa para teman netra punya rasa solidaritas yang tinggi. Sehingga, satu sama lain diharapkan saling menguatkan di tengah kondisi yang terjadi saat ini.

Fani mengatakan, sejauh ini sudah 17 paket sembako yang dibagikan secara bertahap. Tapi, kegiatan ini terus berlanjut. Harapannya, semakin banyak teman netra yang terbantu dengan kegiatan tersebut.

"Yang mendapatkan paket sembako sejauh ini sudah 17 orang. Rencananya program ini akan tetap lanjut, cuma beda-beda kloter aja," ungkapnya.

Sementara dalam proses pembagian paket sembako itu, Fani mengatakan pihaknya dibantu orang tua salah seorang anggota EDN. Sehingga, proses pengemasan tak menghadapi kendala berarti.

Wah, keren kan TemanBaik apa yang dilakukan komunitas EDN? Patut diapresiasi dan dicontoh nih aksi baiknya. Keterbatasan fisik tak membuat semangat berbagi mereka surut. Hal ini mungkin bisa jadi inspirasi bagi kamu untuk sama-sama bergerak membantu sesama yang terdampak pandemi virus corona.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler