Terima Kasih Tenaga Kesehatan Perempuan Indonesia!

Jakarta - TemanBaik, kamu mungkin bertanya-tanya apa hubungannya Hari Kartini pada 21 April 2020 ini dengan tenaga kesehatan, terutama tenaga kesehatan perempuan, iya enggak? Hubungannya erat banget loh, bahkan sangat erat. Simak ulasannya yuk!

Di Indonesia, dari 100 persen perawat, sekitar 80% di antaranya perempuan. Itu artinya, peran perempuan amat sangat besar di dunia kesehatan. Apalagi di saat pandemi virus corona saat ini, mereka jadi salah satu garda terdepan dalam penanganan pasien.

"Kemudian dokter juga antara perempuan dan laki-laki jumlahnya cukup seimbang 50:50," kata dokter spealis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan dalam konferensi pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (21/4/2020).

Di tempat layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas, jelas saat ini tim medis bekerja sangat keras. Pandemi virus corona benar-benar jadi ujian hebat bagi mereka, termasuk tim medis perempuan. Erlina pun menyampaikan apresiasinya.

"Para perempuan di tempat layanan kesehatan, mereka sudah melakukan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan perannya masing-masing, terutama di saat pandemi COVID-19 ini," ungkapnya.


                                                                                         Foto: dok. BNPB

Erlina juga memberi apresiasi lebih kepada tenaga kesehatan perempuan yang menjalankan tugas ganda. Sebab, selain sebagai petugas kesehatan, ada banyak dari mereka yang punya peran sebagai istri, ibu, termasuk merawat orang tuanya sendiri. Hal itu tetap mereka jalankan di tengah kondisi saat ini.

Baca Ini Juga Yuk: Bijak Melawan 'Infodemi' di Tengah Pandemi

Sudah terbayang enggak bagaimana sibuknya tenaga kesehatan dari kalangan perempuan? Di satu sisi, mereka harus bertugas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Di sisi lain, sepulang ke rumah, mereka harus berkutat dengan peran lainnya. Jadi, salut banget deh buat kaum perempuan yang bertugas sebagai tim medis.

Tapi, bukan berarti tenaga medis dari kalangan laki-laki enggak harus kita apresiasi loh. Mereka juga tetap harus kita apresiasi. Hanya saja karena momentum Hari Kartini, pembahasan kali ini BeritaBaik.id fokuskan pada tenaga kesehatan perempuan.

Erlina pun memberi pesan khusus bagi tenaga kesehatan perempuan. Ia mengajak mereka untuk tetap menjaga diri agar tetap sehat. Sebab, tugas mereka tidak hanya di tempat layanan kesehatan saja.

"Khusus kepada teman-teman perempuan tenaga kesehatan, saya ingin berpesan jagalah diri, jagalah kesehatan, jagalah stamina. Karena bukan (pandemi virus corona) ini saja yang kita hadapi. Kita juga punya keluarga di rumah dan juga punya pasien (dengan) penyakit yang lain," ungkapnya.

Terakhir, ia mengajak kaum perempuan secara umum untuk bisa menjalankan peran sebaik mungkin dalam berbagai aspek kehidupan. Ia mengajak kaum perempuan menjadi pahlawan, baik itu di keluarga, lingkungan, hingga tempat kerja, terutama dalam mengatasi pandemi virus corona secara gotong royong.

Berbagai hal bisa dilakukan, misalnya mengajak dan memastikan anggota keluarga menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat, menjalankan social dan physical distancing, hingga saling mengingatkan tetangga serta teman kerja untuk memakai masker. Jika punya rezeki lebih, kamu bisa menyisihkannya untuk membantu sesama.

Di luar itu, tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan kaum perempuan. Dan penegasannya, jangan berpikir terlalu besar. Lakukan saja yang bisa kamu dilakukan meski dipandang sederhana. Tapi, yakin deh, apapun yang dilakukan akan sangat bermanfaat di tengah kondisi sekarang. Misalnya, hanya dengan memberi satu masker, itu akan memberi rasa aman bagi seseorang.

"Pesan saya kepada para perempuan di Indonesia adalah agar berperan sebagai apapun yang bisa dilakukan. Tidak masalah apakah peran itu kecil atau besar, semuanya berarti untuk bangsa kita ini agar sama-sama menghadapi COVID-19," ajak Erlina.

Selamat Hari Kartini bagi para perempuan tenaga medis dan para perempuan pada umumnya se-Indonesia. Terima kasih atas segala kebaikan yang kamu semua lakukan.

Foto: Ilustrasi Agam/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler