'Thoughtful Indonesia' dan Makna Besar di Baliknya

Jakarta - TemanBaik, ada yang sadar enggak jika belakangan ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggaungkan logo 'Thoughtful Indonesia'? Logo ini menjadi pengganti sementara logo Wonderful Indonesia yang lebih dulu digembar-gemborkan. Apa maknanya ya?

Logo Thoughtful Indonesia ternyata bukan untuk menggantikan logo Wonderful Indonesia yang selama ini dipakai untuk instrumen kampanye pariwisata Indonesia kepada wisatawan. Logo Thoughtful Indonesia hanya akan hadir selama pandemi virus corona atau COVID-19.

Menurut Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio, Thoughtful Indonesia merupakan kontekstual logo yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam situasi tanggap darurat COVID-19 ke publik, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Banyak pertanyaan yang datang apakah branding Wonderful Indonesia sudah diganti? Sekali lagi, itu bukan mengganti logo Wonderful Indonesia yang merepresentasikan brand promise institusi dan branding utama kita," kata Wishnutama di laman resmi Kemenparekraf.


Intinya, logo Thoughtful Indonesia membawa spirit atu semangat tersendiri di tengah pandemi virus corona. Semangat positif itu pun diharapkan menular sehingga masyarakat sama-sama bangkit.

"Thoughtful Indonesia ini adalah logo kontekstual yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini, serta menjadi landasan utama kami untuk menghadirkan program-program yang 'thoughtful' membantu pelaku dan pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak COVID-19," jelas Wishnutama.

Logo Thoughtful Indonesia juga bermakna memperlihat empat tinggi dari sektor pariwisata terhadap kondisi saat ini. Logo ini bahkan sudah diapresiasi publik di Eropa loh TemanBaik.

"Ini salah satu bagian dari soft promotion juga ke luar dan kami mendapat laporan bahwa publik di Eropa mengapresiasi hal tersebut. Ini bagian dari kami untuk mengomunikasikan bahwa kita berempati dengan situasi saat ini dan We are still Wonderful in many ways," tutur Wishnutama.

Foto: dok. Kemenparekraf
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler