Bintang Abadi, Perjuangan Kru Ambulans di Tengah Pandemi

Bandung - TemanBaik, dalam memerangi virus corona di Indonesia, jasa para tenaga medis sangatlah besar nilainya. Mereka tanpa kenal lelah merawat, mengobati, bahkan hingga mengurus jenazah pasien. Risiko terpapar virus dari pasien hingga jenazah pun jadi lawan berat mereka.

Nah, di antara para tenaga medis, ada satu bagian yang punya jasa sama besarnya. Mereka adalah bagian dari palang pintu terakhir yang memastikan jenazah dimakamkan dengan selamat dan sesuai ptotokol penangan covid-19. Ya, mereka ialah kru ambulans.

Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan Bintang Abadi, salah satu penyedia jasa ambulans di Bandung. Agit Asep Githa Suara selaku pemilik layanan jasa ambulans ini menceritakan bagaimana perjuangannya bersama para kru ambulans berperang melawan virus corona sebagai bagian kecil dari tim medis.

"Sejak ada wabah ini (virus corona), terjadi peningkatan (pemesanan ambulans dan pengurusan jenazah) hingga sekitar 70 persen," jelasnya kepada Beritabaik.id.


Sekadar informasi tambahan, Ambulans Bintang Abadi juga menyediakan jasa pengurusan jenazah, perlengkapan jenazah (dalam berbagai ketentuan pemakaman di tiap agama), pengurusan kremasi, tanah makam hingga pengurusan kargo jenazah bersama tiketnya.

Baca Ini Juga Yuk: Menyaksikan Aktivitas Satwa di Kebun Binatang Bali Secara Daring

Bintang Abadi sejatinya sudah beroperasi sejak 2006. Namun, sejak wabah virus corona menyerang Indonesia, belakangan ini Agit memberikan pengamanan ekstra untuk para kru-nya. Pasalnya, penanganan jenazah yang menjadi pasien covid-19 tak bisa dilakukan secara asal-asalan.

"Untuk penanganan jenazah, kita lakukan sesuai standar dan prosedur protokoler yang sudah ditetapkan pemerintah. Nah, untuk kru kita sendiri, karena ini kan berisiko juga, ya. Jadi, kita rutin lakukan cek kesehatan untuk para kru, dan kita beri asupan imun seperti vitamin supaya para kru terhindar dari paparan covid-19," terangnya.

Mengurus jenazah dan berisiko harus menjumpai jenazah yang merupakan korban virus corona jadi tantangan sendiri bagi Bintang Abadi. Namun, dengan kewaspadaan tingkat tinggi serta mematuhi segala protokoler pemakaman pasien covid-19, Agit mengaku optimis tugas para kru ambulans di musim pandemi ini dapat mereka jalankan dengan baik dan selamat.

Ditanya secara pasti mengenai jumlah jenazah terdampak covid-19 yang pernah diantarkannya, ia tak bisa menghitung secara pasti. Hanya saja, ia menyebutkan angka peningkatan yang sangat tajam belakangan ini. Pemesanan ambulans dan pengurusan jenazah juga diakuinya banyak berasal dari Kota Bandung.

Meski harus bertugas di tengah pandemi, namun Agit beserta para kru menjalani semua itu dengan gigih dan tak kenal lelah. Bahkan, tak jarang ia menjadikan bidang usahanya ini sebagai ladang untuk melakukan aksi baik dengan cara memberi potongan harga untuk keluarga jenazah yang memerlukan bantuan.

"Tarif dalam kota itu sekitar Rp300 ribu. Adanya kita di tengah-tengah masyarakat tuh diharapkan semoga bisa meringankan beban mereka. Kita juga suka ngasih potongan tarif untuk mereka yang perlu jasa kita," terang Agit.


                                                                    Foto: dok. www.instagram.com/abahandrisofficial

Dalam menjalankan tugas, Bintang Abadi bergerak dengan jumlah kru 8 orang. Namun, di era pandemi seperti saat ini, tak jarang mereka mendapatkan 'kru ekstra'. Seperti salah satunya Abah Andris. Melalui unggahan di akun Instagramnya, mantan penggebuk drum grup musik Burgerkill ini nampak menjadi salah satu kru Ambulans Bintang Abadi.

Sebagai pamungkas, Agit mengajak TemanBaik untuk tetap #DiRumahAja selama masa pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, dengan tetap #DiRumahAja, kamu sudah berkontribusi untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain itu, dengan tetap #DiRumahAja, kamu juga akan banyak membantu meringankan beban para petugas medis, termasuk kru ambulans. Pasalnya, jika pandemi ini berakhir karena ketaatan kita, maka tugas paramedis di lapangan akan berangsur normal seperti sediakala.

Yuk, TemanBaik, kita dukung perjuangan mereka di lapangan dalam memerangi corona dengan tetap #DiRumahAja!

Foto: Dok. Ambulans Bintang Abadi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler