Yuk! Bantu Penanganan COVID-19 di Bandung, Ini yang Dibutuhkan

Bandung - TemanBaik, saat ini begitu banyak orang tergerak untuk melakukan sesuatu terkait penanganan pandemi virus corona atau COVID-19. Ada yang menyumbangkan alat pelindung diri (APD), sembako bagi korban terdampak COVID-19, hingga berupa uang.

Nah, jika TemanBaik ingin melakukan sesuatu untuk penanganan COVID-19, terutama di Kota Bandung, ada celah nih untuk berbuat baik. Kota Bandung saat ini membutuhkan beberapa donasi.

"Kita saat ini membutuhkan thermo gun sekitar 40 unit, sarung tangan kain, sama vitamin," ujar Kepala Bidang Logistik Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Elly Wasliah.

Berbagai peralatan itu sangat dibutuhkan untuk digunakan di area check point pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bandung. Total, ada 19 titik check point. Saat ini, ketiga hal itu sebenarnya sudah ada di masing-masing check point. Tapi, jumlahnya masih belum ideal.

Untuk thermo gun misalnya, rata-rata setiap check poin hanya ada satu hingga dua unit saja. Itu pun salah satunya berasal dari puskesmas terdekat. Sebab, thermo gun yang saat ini disediakan Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan hanya ada satu unit.

Idealnya, di satu check point ada lima unit thermo gun. Sehingga, pelaksanaan PSBB bisa lebih maksimal, terutama dalam memeriksa orang yang ingin keluar-masuk Kota Bandung. Sedangkan dengan kondisi peralatan yang ada saat ini, pemeriksaan warga yang akan melintas melalui check point kadang mengakibatkan antrean panjang. Ujung-ujungnya malah timbul kemacetan.

"Agar antrean tidak terlalu panjang, makanya thermo gun ini harus diupayakan diperbanyak. Kemarin sudah ada bantuan, salah satunya dari Universitas Parahyangan, jumlahnya ada lima unit. Tapi kita masih membutuhkan tambahan," jelas Elly.

Baca Ini Juga Yuk: Bintang Abadi, Perjuangan Kru Ambulans di Tengah Pandemi

Lalu, untuk apa sarung tangan kain dan vitamin? Ini juga akan dibutuhkan untuk dipergunakan oleh para petugas di check point. Sebab, ada banyak petugas dari berbagai instansi di masing-masing check point. Sehingga, mereka butuh sarung tangan sebagai alat perlindungan diri dan vitamin agar stamina mereka tetap terjaga.


Kalaupun jumlah bantuan sarung tangan dan vitamin nantinya berlebih, ini enggak akan mubazir kok. Sebab, ada banyak yang membutuhkan kedua barang ini.

Apalagi, pemeriksaan di check point akan dilakukan selama 24 jam. Tujuannya agar pelaksanaan PSBB bisa lebih maksimal. Ujungnya, PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran dan penularan virus corona di Kota Bandung yang saat ini cukup tinggi. Jadi, enggak perlu khawatir bantuanmu akan sia-sia ya.

Cara Memberikan Bantuan
Jika TemanBaik tergerak untuk memberikan bantuan berupa thermo gun, sarung tangan kain, hingga vitamin, kamu bisa menyalurkannya langsung ke Bidang Logistik Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung. Lokasinya ada di lantai tiga Gedung Serbaguna Plaza Balai Kota Bandung.

Tapi, kamu juga boleh kok jika ingin menyumbangkan barang lain, misalnya APD, sembako, atau berbagai hal lain yang dirasa akan bermanfaat di tengah pandemi virus corona. Hanya saja, ingat ya, bantuan yang diberikan tidak berupa uang. Sebab, tidak ada penerimaan bantuan berupa uang yang dilakukan. Sedangkan untuk bantuan berupa barang, bantuan akan sangat diterima dengan tangan terbuka.

"Kita menerima bantuan dari siapapun dalam bentuk barang. Jadi, Bidang Logistik Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung tidak menerima bantuan dalam bentuk uang ya," kata Elly.

Berbagai bantuan pun dipastikan akan disampaikan tepat sasaran. Sebab, bantuan yang masuk dan penyalurannya tercatat dengan baik. Sehingga, bantuan yang datang bisa dipertanggungjawabkan.

Sejak lebih dari sepekan lalu membuka penerimaan bantuan, hal ini ternyata mendapat apresiasi positif loh TemanBaik. Sudah banyak yang memberikan bantuan dalam berbagai bentuk barang, mulai dari personal, instansi, BUMN, hingga komunitas. Sebagian bantuan sudah disalurkan dan sisanya secara bertahap juga akan disebar kepada pihak yang membutuhkan.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Anton
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler