Yuk! Bijak Menyikapi Kelulusan SMA

Bandung - TemanBaik, terutama bagi kamu siswa SMA/sederajat, 2 Mei 2020 ini pasti jadi salah satu hari yang paling ditunggu. Sebab, di tanggal tersebut pengumuman kelulusan siswa tingkat SMA akan dilakukan meski secara daring.

Bagi yang lulus, tentu akan jadi hadiah tersendiri di tengah pandemi virus corona saat ini. Sebab, selama beberapa pekan ini kamu mungkin lebih banyak beraktivitas di rumah karena mengikuti arahan pemerintah. Apalagi, kelulusan juga akan jadi gerbang pembuka untuk kamu menghadapi fase selanjutnya, baik itu kuliah, bekerja, ataupun berwirausaha.

Biasanya, setelah kelulusan, para siswa SMA akan melakukan berbagai cara sebagai bentuk syukur. Ada yang melakukannya dengan cara bijak, misalnya mengumpulkan seragam sekolah untuk diserahkan kepada yang membutuhkan. Tapi, ada juga aksi kurang simpatik seperti konvoi hingga corat-coret seragam sekolah.

Kondisi di tengah pandemi ini pun harusnya membuat mereka yang lulus berpikir ulang untuk melakukan perayaan, apalagi jika sampai melakukan konvoi atau berkumpul di suatu tempat. Alasannya tentu karena saat ini masih di tengah suasana pandemi virus corona. Jangan sampai kegiatanmu di luar rumah justru pada akhirnya membuat kamu tertular dan menularkan virus corona.

Baca Ini Yuk: Yuk! Bantu Penanganan COVID-19 di Bandung, Ini yang Dibutuhkan

Wakil Wali Kota Bandng Yana Mulyana mengimbau agar tak ada perayaan yang dilakukan dalam menyikapi kelulusan tersebut. Ia justru sangat menyarankan untuk tetap #DiRumahAja sebagai bentuk dukungan mengatasi pandemi virus corona agar segera berakhir.

"Kalau cinta dirinya, cinta keluarganya, cinta sahabatnya, cinta masyarakat, diam aja di rumah, kurangi aktivitas di luar," ujar Yana.

Menurutnya, tak ada alasan penting untuk merayakan kelulusan di luar rumah, apalagi hura-hura. Justru, yang saat ini bijak dilakukan adalah tetap di rumah. "Kalau mau mensyukuri mah bisa di mana aja, tidak dengan hura-hura (berkumpul di luar rumah)," ucapnya.

Ia pun secara khusus memberi pesan kepada orang tua siswa yang anaknya lulus SMA/sederajat dalam waktu dekat. Ia mengajak mereka memastikan agar anaknya tetap ada di rumah.

"Orang tua mungkin sekarang banyak yang di rumah, jadi bisa memantau supaya anak-anaknya tidak keluar rumah," tutur Yana.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler