Menarik Hikmah Baik dari Belum Selesainya Pandemi Virus Corona

Bandung - TemanBaik, pandemi virus corona atau COVID-19 masih belum usai hingga sekarang. Jumlah kasus pengidap virus ini pun terus bertambah banyak. Tapi, jumlah yang sembuh juga terus bertambah banyak.

Karena pandemi yang tak kunjung berakhir, berbagai langkah terus dilakukan pemerintah. Bahkan, beberapa daerah sudah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) demi menekan laju penularan dan penyebaran virus corona.

Tapi, kamu sadar enggak sih, saat ini begitu banyak orang yang melakukan gerakan kepedulian. Berbagai donasi dilakukan untuk membeli alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, sembako bagi masyarakat terdampak, serta ragam gerakan positif lain.

Saat ini, publik seolah dihadapkan pada satu kesadaran bersama untuk saling peduli satu sama lain. Mereka bahu-membahu melakukan hal positif untuk sesama, baik untuk orang dekat di sekitar rumah hingga para pejuang di garis depan dalam mengatasi pandemi. Intinya, sifat alami manusia sebagai sosok yang baik saat ini benar-benar muncul.

Kebaikan yang dilakukan pun tak melulu pada skala besar. Banyak hal yang mungkin dianggap sepele tapi begitu bermakna. Contohnya, jika selama ini seseorang hanya memesan makanan melalui aplikasi ojek online untuk dirinya sendiri, kini saat membeli melebihkan satu porsi untuk diberikan secara gratis bagi driver atau pengemudi ojek online.

"Mungkin cuma sedikit nilainya, misalnya cuma Rp20 ribu, tapi kita membantu mereka (pengemudi ojek online)," ungkap Erwin.

Di saat yang sama, setiap orang kini juga jadi lebih peduli pada keluarga, teman, serta orang-orang yang dikenalnya. Setiap orang kini rajin saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Bahkan, komunikasi yang jarang terjadi pun kini kembali terjalin lebih baik.

"Dalam kondisi sekarang, semua orang, baik yang jauh atau dekat jadi lebih care (peduli) dengan keluarga. Mereka pasti akan kroscek, sekalipun beda kota atau beda negara sekalipun, mereka pasti akan memastikan mereka jangan ke mana-mana, harus jaga kebersihan, dan lain-lain. Itu akan mempererat keluarga sisi positifnya," jelas Erwin.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga sependapat jika pandemi virus corona menggugah kesadaran banyak orang. Bahkan, di tataran pemerintahan, ia tahu betul bagaimana banyak pihak yang mau bergerak bersama pemerintah dalam mengatasi pandemi.

Mereka melakukan apa yang bisa dilakukan. Bantuan yang diberikan pun tak datang karena komando atau perintah. Tapi, bantuan datang atas kesadaran. Hal itu pun diharapkan memberi dampak positif.

"Alhamdulillah, di balik pandemi ini ternyata ada beberapa hikmah, ternyata memang solidaritas, rasa kemanusiaan masyarakat, terutama di Kota Bandung, ternyata sangat tinggi," tuturnya.

"Alhamdulillah ini ditunjukkan dengan cukup banyak bantuan yang dititipkan kepada pemerintah kota untuk disampaikan kepada masyarakat yang berhak menerima, masyarakat yang terdampak oleh pandemi COVID-19 ini," jelas Yana.

TemanBaik, yuk lakukan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi pandemi virus corona ini agar segera berakhir. Kamu bisa mengeluarkan uang, barang, tenaga, hingga pikiran untuk sama-sama dengan semua pihak agar pandemi segera berakhir.

Jika tak bisa melakukan hal-hal di atas, kamu bisa melakukan hal sederhana dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Usahakan tetap tinggal di rumah, kecuali ada hal mendesak yang memaksamu keluar rumah. Tetap jaga kesehatan dan lakukan berbagai langkah antisipatif lainnya juga ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Tim Marshall
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler