Cara Baru Manasik Haji, Cari Tahu Yuk!

Jakarta - TemanBaik, Kementerian Agama (Kemenag) punya cara baru nih agar calon jemaah haji memiliki pengetahuan yang cukup. Tujuannya agar saat pelaksanaannya nanti, mereka tidak salah saat menjalankan ibadah haji nantinya.

Karena saat ini masih pandemi virus corona atau COVID-19, praktis kegiatan manasik haji ditiadakan untuk sementara. Sebab, kegiatan manasik menghadirkan kerumunan massa dan hal seperti itu tak boleh dilakukan pada saat situasi seperti sekarang.

Kini, Kemenag melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah sedang menyiapkan 20 serial video manasik haji daring. Video ini jadi bahan pembelajaran pelaksanaan ibadah haji.

Serial video manasik haji itu pun sudah bisa dilihat mulai Jumat (1/5/2020) ini di kanal YouTube Kementerian Agama, yaitu Kemenag RI. Sudah ada dua video yang diunggah. Sisanya akan diunggah secara bertahap hingga mencapi 20 video.

"Subdit Bimbingan Jemaah Direktorat Bina Haji telah menyiapkan video pembelajaran yang saya rasa cukup komprehensif, sangat bagus, mudah dan simpel untuk dipahami calon jemaah haji untuk mempelajari seluk-beluk manasik haji," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali.

Konten dari setiap video itu sangat beragam. Tapi, garis besarnya adalah berisi pemahaman konseptual ibadah haji, sekaligus tata cara pelaksanaan haji dan umrah sesuai syariat.

"Insya Allah (video) ini akan menjadi manfaat besar bagi calon jemaah haji. Sehingga calon jemaah haji dapat memahami dengan baik dan benar serta melaksanakan ibadah haji sesuai ketentuan syariah," ucap Nizar.

Pemahaman jemaah terkait manasik haji ini jelas sangat penting. Tujuan utamanya jelas sebagai bentuk latihan sebelum benar-benar melaksanakan ibadah haji. Tujuan lainnya adar jemaah bisa meresapi makna dari ritual ibadah haji.

Baca Ini Juga Yuk: Menarik Hikmah Baik dari Belum Selesainya Pandemi Virus Corona

Solusi di Tengah Pandemi
Bukan tanpa sebab Kemenag merilis serial video manasik haji dan umrah saat ini. Alasannya tentu karena saat ini Indonesia masih dilanda pandemi virus corona atau COVID-19.

Serial video itu diharapkan benar-benar jadi solusi dan alternatif. Sehingga, meski di tengah pandemi, manasik haji bisa tetap dilakukan meski dengan cara berbeda.

"Video ini salah satu inovasi sekaligus komitmen Kementerian Agama yang telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun manasik haji," tutur Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi.

"Biasanya kita hanya melaksanakan manasik secara klasikal yang tentunya hari ini tidak bisa dilakukan karena tidak boleh mengumpulkan orang. Sehingga video ini menjadi alternatifnya," jelasnya.

Sementara untuk mempermudah calon jemaah haji memahami apa yang disampaikan melalui serial video, ada trik khususnya loh. Serial video akan diungah rutin setiap hari selama Ramadan ini. Videonya pun singkat, yaitu hanya 3 menitan. Jadi, calon jemaah haji juga enggak akan mudah jenuh.




Foto: dok. Kementerian Agama

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler