Langkah Jabar Ringankan Beban Warga di Tengah PSBB

Bandung - TemanBaik, tentu tahu kan jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jawa Barat berlaku pada 6-19 Mei 2020 ini? Demi mengurangi beban warga yang kesulitan di tengah pandemi virus corona, terutama saat pelaksanaan PSBB Jawa Barat, Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) akan dijalankan.

Program yang digagas Tim Pengegrak PKK Jawa Barat ini adalah sebuah gerakan berbagi nasi bungkus bagi mereka yang membutuhkan. Tujuannya agar kebutuhan pangan warga terpenuhi. Sebab, selama pandemi, begitu banyak warga yang terdampak hingga kehilangan pendapatan. Di saat yang bersamaan, kebutuhan untuk makan tak bisa ditunda.

"Gerakan Nasi Bungkus itu akan dilakukan secara serentak selama satu bulan ini (terhitung 6 Mei 2020). Akan ada 15 kali pelaksanaan Gasibu keliling (di berbagai daerah di Jawa Barat)," kata Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya, Rabu (6/5/2020).

Selain Gasibu, di berbagai titik juga bakal ada dapur umum yang akan menyiapkan makanan untuk dibagikan gratis kepada warga. Kabar baiknya, dapur umum ini bahkan sudah ada dan terlaksana di beberapa daerah sejak beberapa hari lalu loh.

"Harapan saya ini untuk meringankan beban masyarakat terkait dengan kondisi krisis pangan untuk kepala keluarga (yang terdampak COVID-19)," ungkap Atalia.

Setelah dicanangkan berlaku mulai hari ini, Gasibu akan berjalan se-Jawa Barat seiring dengan diberlakukannya PSBB Jawa Barat. Begitu juga dengan program lain yang bertujuan meringankan beban masyarakat dalam beberapa aspek.



"Alhamdulillah, tadi (dalam rakor) sudah kita sepakati gerakan-gerakan yang dilakukan, dan saya bangga ternyata kegiatan-kegiatan seperti tebar masker, kemudian gerakan dapur umum, Gerakan Nasi Bungkus Keliling itu sebenarnya sudah dilakukan," jelasnya.

"Namun akan lebih kita masifkan lagi setelah PSBB ini dilakukan untuk seluruh Jawa Barat. Jadi, kita akan pastikan bahwa bantuan dari provinsi ini juga hadir. Dari mulai beras, wastafel, alat-alat untuk kebersihan diri, vitamin. Insya Allah ini juga akan kita sebarluaskan ke 27 kota/kabupaten," tutur Atalia.

Baca Ini Juga Yuk: Satwa di Kebun Binatang Butuh Bantuanmu Nih!

PKK Jawa Barat juga mengagas program pembagian sembako yang dinamakan #dariwargauntukwarga_jabar. Ini merupakan gerakan swadaya masyarakat untuk saling membantu satu sama lain.

"Beras atau sembako ini melalui iuran atau swadaya di rumah sekitarnya masing-masing. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan di wilayah masing-masing, di kota/kabupaten, di kecamatan, juga di kelurahan atau desa," ucap Atalia.

Ia pun mengajak semua pihak untuk sama-sama turun tangan meringankan beban mereka yang terdampak pandemi virus corona. Sehingga, kesulitan yang dialami warga bisa lebih ringan, terutama dengan keterlibatan warga itu sendiri.

"Mereka yang punya kelebihan dari sisi rezeki, mari kita bantu saudara-saudara kita yang lain yang mungkin sangat membutuhkan," ajak Atalia.

Foto: dok. Humas Jawa Barat
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler